Heboh Penemuan Ratusan Mumi Dekat Makam Raja Tutankhamun, Ada Piramida Seorang Ratu

Kamis, 17 November 2022 - 17:45 WIB
loading...
A A A
Dia menjelaskan peti mati memiliki wajah individu, jadi masing-masing memiliki bentuk unik. Dibedakan antara pria dan wanita, dan dihiasi dengan adegan dari Kitab Orang Mati (teks penguburan Mesir kuno).

Setiap peti mati juga memiliki nama almarhum dan sering menunjukkan Empat Anak-anak Horus, yang melindungi organ almarhum. Menemukan peti mati tidak hanya mencengangkan, para peneliti terkejut ketika mengangkat tutup peti mati menemukan mumi dalam kondisi baik, setelah berabad-abad.

“Ini menunjukkan bahwa mumifikasi mencapai puncaknya di Kerajaan Baru. Beberapa peti mati memiliki dua tutup, dan peti mati yang paling menakjubkan sejauh ini memiliki topeng seorang wanita yang seluruhnya terbuat dari emas padat,” tuturnya.

Dia menambahkan, di dalam peti mati dan lubang makam juga terdapat berbagai artefak, termasuk permainan seperti permainan kuno Senet, shabtis (patung kecil), patung dewa Ptah-Sokar dan kapak logam yang ditemukan di tangan tentara Mesir kuno.


Heboh Penemuan Ratusan Mumi Dekat Makam Raja Tutankhamun, Ada Piramida Seorang Ratu


Selain itu, peneliti menemukan sebuah piramida untuk memperingati seorang ratu yang identitasnya sebelumnya tidak diketahui. “Kami telah menemukan bahwa namanya adalah Neith dan dia belum pernah diketahui sebelumnya dari catatan sejarah,” kata Hawass.

Pilihan peti mati dan barang antik yang ditemukan di lokasi penggalian akan dipajang di Museum Agung Mesir di Giza, yang dijadwalkan dibuka tahun depan. “Sungguh menakjubkan untuk benar-benar menulis ulang apa yang kita ketahui tentang sejarah, menambahkan seorang ratu baru ke dalam catatan kita,” pungkas Hawass.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2971 seconds (0.1#10.140)