Misteri Kawanan Domba Berjalan Melingkar Mengundang Banyak Tanda Tanya

Minggu, 20 November 2022 - 14:35 WIB
loading...
Misteri Kawanan Domba Berjalan Melingkar Mengundang Banyak Tanda Tanya
Kawanan Domba Berjalan Melingkar mengundang perhatian banya ilmuwan untuk diteliti. FOTO/ IST
A A A
BEIJING - Kawanan domba di China dilaporkan telah berjalan dalam formasi melingkar selama hampir dua minggu dan penyebab fenomena tersebut masih belum diketahui.

Seperti dilansir dari Explorersweb Minggu (20/11/2022), perilaku aneh itu terekam melalui sistem televisi sirkuit tertutup (CCTV) di sebuah peternakan domba di wilayah Mongolia Dalam.

BACA JUGA - 2 Institut Biologi Rusia Terbukti Melatih Anjing Laut dan Lumba-lumba untuk Berperang

Melalui rekaman yang dipublikasikan Rabu lalu oleh saluran berita milik negara China, People's Daily, puluhan domba terlihat berjalan searah jarum jam dalam lingkaran besar.

Beberapa hewan lain terlihat terkurung atau berdiri di tengah lingkaran karena tidak bisa bergerak.

Meskipun kawanan domba tersebut dilaporkan sehat dan sempurna, tidak jelas apakah ia berhenti berjalan untuk makan atau hewan lain menggantikan berjalan melingkar.

Pemilik peternakan yang hanya ingin dikenal sebagai Miao itu mengatakan, hanya beberapa ekor domba yang berjalan melingkar pada 4 November dan diikuti belasan lainnya pada hari-hari berikutnya.

Yang lebih aneh adalah meskipun peternakan tersebut memiliki 34 kandang, hanya domba dari kandang 13 yang bergabung dengan kawanan berjalan.

Berbagai teori telah dikemukakan sejak video itu viral. Teori yang paling populer adalah bahwa domba tersebut terinfeksi bakteri yang menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai listeriosis atau 'penyakit bulat'.

Menurut dokumen referensi medis, Manual Merck, hewan yang terkena dampak awalnya akan kurang nafsu makan, depresi dan bingung. Itu akan bersandar pada sudut atau benda diam atau berjalan mengelilinginya.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1323 seconds (11.210#12.26)