Relief Kuno Ini Jadi Bukti Yunani Sudah Kenal Sepak Bola 2.400 Tahun Lalu

Senin, 21 November 2022 - 18:04 WIB
loading...
Relief Kuno Ini Jadi Bukti Yunani Sudah Kenal Sepak Bola 2.400 Tahun Lalu
Sebuah relief yang dipamerkan di Museum Arkeologi Nasional di Athena, Yunani menunjukkan seorang pemuda Yunani kuno sedang berlatih sepak bola. Foto/GreekReporter
A A A
ATHENA - Sebuah relief yang dipamerkan di Museum Arkeologi Nasional di Athena, Yunani , menunjukkan seorang pemuda Yunani kuno sedang berlatih sepak bola . Ini menunjykkan bahwa sepak bola, meskipun dalam bentuk primitif, berusia setidaknya 2.400 tahun kemungkinan besar berasal dari Yunani kuno.

Melihat artefak kuno yang indah ini hari ini, dapat dikatakan bahwa pria itu tampaknya menunjukkan kepada putranya cara mengontrol bola seperti Lionel Messi dari Yunani kuno. Menurut para arkeolog, penggambaran sosok yang bermain bola sudah ada sejak kuartal ketiga abad ke-4 SM (400-375 SM).

Dikutip dari laman Greekreporter, Senin (21/11/2022), permainan sepak bola zaman Yunani kuno disebut Episkyros. Mirip permainan sepak bola modern, Episkyros dimainkan antara dua tim yang biasanya terdiri dari dua belas hingga empat belas pemain dengan satu bola.

Baca juga; Sejarah Panjang Dunia Sepak Bola Melawan Penindasan

Bedanya, aturan permainan saat itu memperbolehkan penggunaan tangan. Tujuannya adalah untuk melempar bola melewati kepala tim lawan. Ada garis putih yang disebut skyros antara tim dan garis putih lain di belakang masing-masing tim.

Bola akan sering berpindah sisi sampai satu tim dipaksa berada di belakang garis di ujungnya. Versi permainan Episkyros dimainkan di Sparta selama festival kota tahunan dan termasuk lima tim yang terdiri dari empat belas pemain.

Kemudian, orang Romawi mengambil alih Episkyros, mengganti namanya dan mengubahnya menjadi harpastum. Latinisasi dari kata Yunani harpaston yang berarti 'merebut' (bola).

Baca juga; Jadi Perdebatan, Ilmuwan Selidiki Patung Yunani Kuno Pegang Laptop

Jejak Episkyros, sepak bola Yunani Kuno, telah hilang selama berabad-abad saat kekuatan Eropa bergeser dan masyarakat berubah. Tapi seperti olahraga Olimpiade kuno yang telah diubah menjadi versi modern yang kita tonton hari ini, sepak bola saat ini juga beradaptasi dengan standar dan era yang selalu berubah.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1969 seconds (11.252#12.26)