Misteri Mekanisme Antikythera Terpecahkan, Komputer Tertua Yunani Kuno Dimulai Tahun 178 SM

Senin, 21 November 2022 - 19:43 WIB
loading...
Misteri Mekanisme Antikythera Terpecahkan, Komputer Tertua Yunani Kuno Dimulai Tahun 178 SM
Artefak komputer Yunani kuno ini pertama kali ditemukan seorang penyelam pada 17 Mei 1902 di dekat pulau Yunani Antikythera. Foto/GreekReporter
A A A
ATHENA - Misteri mekanisme Antikythera yang dianggap sebagai komputer pertama di dunia mulai terpecahkan. Para ilmuwan mengungkapkan bahwa komputer Yunani kuno ini mulai dioperasikan pada tahun 178 Sebelum Masehi (SM).

Artefak komputer Yunani kuno ini pertama kali ditemukan seorang penyelam pada 17 Mei 1902 di dekat pulau Yunani Antikythera. Dari bangkai kapal kuno yang karam, penyelam menemukan alat seukuran kotak sepatu dengan roda gigi dan pelat jam, kemudian disebut sebagai mekanisme Antukythera.

Selama bertahun-tahun, para peneliti dengan susah payah menyatukan banyak fragmen mekanisme Antikythera yang dianggap sebagai komputer pertama di dunia. Pata ilmuwan mencari tahu bagaimana mekanisme Antikythera dibuat dan digunakan sekitar 2.000 tahun yang lalu.

Baca juga; Jadi Perdebatan, Ilmuwan Selidiki Patung Yunani Kuno Pegang Laptop

Dikutip dari laman Space.com, Senin (21/11/2022), sekarang beberapa tim ilmuwan mengaku berhasil memecahkan kapan tanggal mekanisme Antikythera mulai "nyalakan" atau dioperasikan. Para arkeolog dalam jurnal online arXiv menyebutkan mekanisme Antikythera pertama kali "dimulai" pada 22 Desember 178 SM.

Namun, para ilmuwan yang tidak berafiliasi dengan penelitian tersebut meragukan klaim itu dan mengatakan kepada Live Science bahwa tanggal mulainya mungkin pada 12 Mei 204 SM. Data ini diterbitkan pada makalah tahun 2014, yang menjelaskan tanggal itu berdasarkan urutan prediksi gerhana dengan interval unik 223 bulan yang dimulai pada 204 SM.

Alexander Jones, seorang profesor Sejarah Ilmu Pengetahuan Eksakta di Antiquity di Institut Studi Dunia Kuno Universitas New York mengatakan, bukan perkara mudah menentukan secara pasti kapan mekanisme Antikythera mulai dioperasikan.

Misalnya, Jones menunjukkan bahwa tanggal mulai ini disesuaikan pada waktu Kraneios, musim yang tertulis pada mekanisme Antikythera yang dikaitkan dengan anggur. Ini menunjukkan bulan Februari, yang bukan bulan yang baik untuk panen anggur matang.

Baca juga; Relief Kuno Ini Jadi Bukti Yunani Sudah Kenal Sepak Bola 2.400 Tahun Lalu
Misteri Mekanisme Antikythera Terpecahkan, Komputer Tertua Yunani Kuno Dimulai Tahun 178 SM


“Untuk menggunakan alat ukur, diperlukan titik referensi, sebelum prosedur pengukuran. Ada banyak masalah dengannya, mulai dari masalah besar hingga masalah kecil yang merupakan gejala kurangnya landasan yang baik dalam konteks luas astronomi dan sains kuno,” kata Jones.

Mesin kuno itu, mekanisme Antikythera, terkubur di dasar laut selama sekitar 2.100 tahun. Artefak yang ditemukan terdiri dari roda gigi perunggu dan bagian mekanis logam, yang pernah bergerak dengan mulus tetapi berkarat dan membusuk.

Selama beberapa dekade, para arkeolog dan ilmuwan mencoba menemukan apa mekanisme kompleks itu yang diperkirakan dibangun antara 200 dan 70 SM. Dalam beberapa dekade terakhir, mereka menggunakan sinar-X dan CT scan untuk melihat ke dalam Mekanisme Antikythera dan merekonstruksinya.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1743 seconds (11.252#12.26)