Drone Tempur Supersonik Kizilelma Turki Siap Uji Terbang, Punya Banyak Kecanggihan

Senin, 21 November 2022 - 21:43 WIB
loading...
Drone Tempur Supersonik Kizilelma Turki Siap Uji Terbang, Punya Banyak Kecanggihan
Drone K?z?lelma dirancang untuk menjadi platform tempur yang dapat mendarat dan lepas landas dari landasan pacu pendek serta terbang dengan kecepatan supersonik. Foto/BulgarianMilitary.
A A A
ANKARA - Drone tempur Kizilelma produksi Baykar Turki sukses melewati uji taksi otomatis di landasan pacu. Dalam beberapa hari ke depan drone Kizilelma siap melakukan uji terbang perdana untuk mencapai kecepatan Supersonik.

Sebuah video yang dibagikan oleh akun Twitter media militer Turki menunjukkan drone tersebut melewati tes yang disebut taksi otomatis dan bergerak di landasan. Drone dibawa dengan truk derek ke titik lepas landas dan melewati tes taksi otomatis.

Tes taksi otomatis terlihat sederhana, drone hanya terlihat berjalan di sepanjang landasan untuk bersiap take-off. Namun, tes ini penting untuk menguji seluruh sistem dan avionik pada drone dalam persiapan uji terbang.

Baca juga; Ini Drone Anyar Turki yang Ditakuti Rusia, Kizilelma Bermesin Jet Mampu Melaju 900 Km/Jam

Sammunasanayist.com media Turki mengumumkan bahwa pada akhir minggu ini, atau pada awal Desember, penerbangan pertama dari pesawat tempur tak berawak segera dilakukan. Tentu momen ini sangat ditunggu, apakah drone Kizilelma mampu terbang mencapai kecepatan supersonik atau Mach 1.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Senin (21/11/2022), Kızılelma dirancang untuk menjadi platform tempur yang dapat mendarat dan lepas landas dari landasan pacu pendek. Drone ini cocok untuk Angkatan Udara Turki dan Angkatan Laut Turki.
Drone Tempur Supersonik Kizilelma Turki Siap Uji Terbang, Punya Banyak Kecanggihan


Di masa depan, drone Kızılelma dapat mendarat di kapal induk TCG Anadolu, yang juga sedang menjalani uji jelajah. Baykar mengatakan bahwa drone Kızılelma akan menjadi agresif dengan kemampuan membawa senjata tempur rudal udara-ke-udara dan akan melakukan pertempuran udara dengan manuver hebat.

Baca juga; Turki Bocorkan Prototipe Drone Siluman Kizilelma, Lebih Ganas dari Bayraktar TB2

Baykar telah mengembangkan drone Kizilelma dengan visibilitas radar rendah meskipun membawa senjata sebesar 1.500 kilogram. Pesawat tempur tak berawak juga akan memiliki kewaspadaan situasional yang tinggi dengan radar AESA yang akan diintegrasikan.

Drone Kızılelma dapat berkomunikasi dengan pusat operasi tentara, atau markas besar, baik secara langsung maupun tidak langsung. Jangkauan operasional drone Kizilelma antara 35.000 sampai 45.000 kaki dan 500 mil laut, dengan kecepatan jelajah hampir Mach 1.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1376 seconds (11.210#12.26)