Spesifikasi Rudal Balistik Antarbenua Sarmat Rusia yang Bisa Memicu Kiamat

Rabu, 23 November 2022 - 15:34 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal Balistik Antarbenua Sarmat Rusia yang Bisa Memicu Kiamat
Rudal balistik antarbenua (ICBM) RS-28 Sarmat mulai dikembangkan Rusia sekitar tahun 2000 untuk menggantikan rudal balistik antarbenua SS-18 Satan yang menua. Foto/Russian Ministry of Defense via Twitter
A A A
MOSKOW - Rudal balistik antarbenua (ICBM) RS-28 Sarmat mulai dikembangkan Rusia sekitar tahun 2000 untuk menggantikan rudal balistik antarbenua SS-18 Satan yang menua. Rudal Sarmat yang diproduksi Makeyev Design Bureau dan NPOMash memiliki spesifikasi yang mengerikan karena bisa memicu kerusakan besar.

Dikutip dari laman military today, Rabu (23/11/2022), ada hal menarik, bahwa rudal SS-18 awalnya dikembangkan dan diproduksi di Ukraina. Ukraina memasok suku cadang dan membantu servis rudal ini. Setelah aneksasi Krimea tahun 2014 dan aksi militer di Ukraina, ini menjadi masalah.

Ukraina tidak lagi melayani rudal ini, sementara biro desain Rusia tidak terbiasa dengan SS-18. Akhirnya Rusia mengumumkan penggunaan RS-28 pada tahun 2022 dan menggantikan semua rudal SS-18 yang masih hidup.

Baca juga; Baru Terungkap, Rusia Gunakan Rudal Hipersonik untuk Jatuhkan Pesawat Tempur Ukraina

Dikutip dari laman Missilethreat, rudal Sarmat menggunakan bahan bakar cair tiga tahap dengan jangkauan 18.000 km dan berat peluncuran 208,1 metrik ton. Rudal disimpan dalam wadah penyimpanan atau peluncur berbentuk tabung dengan panjang 35,3 meter dan diameter 3 meter.
Spesifikasi Rudal Balistik Antarbenua Sarmat Rusia yang Bisa Memicu Kiamat


Rudal Sarmat ini memiliki dua tahap yang dilengkapi dengan mesin roket cair, menggunakan propelan yang dapat disimpan. Saat diluncurkan, rudal ditembakkan keluar dari wadah dan mesin utama dinyalakan puluhan meter di atas tanah.

Rudal RS-28 Sarmat sangat mumpuni karena kecepatannya yang tinggi dan bobot lemparan yang sangat tinggi. Ditunjuk sebagai rudal balistik antarbenua kelas “berat”, Sarmat dapat membawa muatan 10 ton dan dapat memuat berbagai pilihan hulu ledak.

Menurut media Rusia, Sarmat dilaporkan dapat memuat hingga 10 hulu ledak besar, 16 hulu ledak lebih kecil, kombinasi hulu ledak dan penanggulangan, atau 24 kendaraan hipersonik boost-glide Avangard. 10 hulu ledak Multiple Independently-targetable Reentry Vehicles (MIRVs) masing-masing berkekuatan 0,75 MT.

Baca juga; Aktivitas Pesawat Kiamat Rusia Meningkat, Jalin Kontak dengan Kapal Selam Torpedo Nuklir
Spesifikasi Rudal Balistik Antarbenua Sarmat Rusia yang Bisa Memicu Kiamat


Alat bantu penetrasi rudal RS-28 Sarmat juga telah ditingkatkan sehingga akan sulit dicegat. Rudal RS-28 Sarmat mampu menggunakan banyak lintasan di Kutub Utara atau Kutub Selatan, untuk mencapai target di Amerika Serikat.

Kemungkinan besar RS-28 Sarmat akan menggunakan silo yang sama dengan rudal SS-18 yang tersebar di seluruh Rusia. Peluncur silo dan titik komando diperkeras terhadap ledakan nuklir. Satu rudal RS-28 dengan MIRV dapat menghancurkan 3 negara bagian AS, seperti Maryland, Vermont, dan Rhode Island.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1446 seconds (10.101#12.26)