Ilmuwan Yakin Dinosaurus Akan Cerdas seperti Manusia Jika Tidak Punah

Minggu, 27 November 2022 - 08:01 WIB
Ilmuwan Yakin Dinosaurus Akan Cerdas seperti Manusia Jika Tidak Punah
Para arkeolog mengumpukan serpihan tulang belulang dinosaurus. FOTO/ IST
LONDON - Dinosaurus telah punah sekitar 66 juta tahun yang lalu akibat sebuah asteroid menghantam Bumi dengan kekuatan 10 miliar bom atom.

Bumi pun diselimuti oleh debu sehingga tanaman berhenti berfotosintesis dan hewan-hewan pun mati.

Lebih dari 90% spesies makhluk hidup mengalami kepunahan, termasuk juga dinosaurus. Peristiwa ini disebut sebagai kepunahan Kapur-Paleogen (K-Pg), juga dikenal sebagai peristiwa kepunahan Kapur-Tersier (K-T).

Lantas bagaimana jika asteroid tersebut meleset? Apa yang terjadi dengan dinosaurus? Bagaimana wujudnya saat ini jika tidak punah? Untuk menjawabnya, simak paparan berikut ini, seperti dirangkum dari Science Alert, Minggu (27/11/2022).

Pada tahun 1980-an, ahli paleontologi Dale Russell berspekulasi bahwa jika kepunahan tersebut tidak terjadi, maka dinosaurus akan menjadi karnivora yang mampu menggunakan alat-alat canggih seperti manusia.

Ini karena dinosaurus memiliki otak yang besar dan ibu jari yang berlawanan serta mampu berjalan tegak. Wujudnya akan tampak seperti karakter Lizard, kadal raksasa yang menjadi musuh utama dalam film Spiderman.

Paru-paru, tulang berongga dengan rasio kekuatan-terhadap-tekanam yang tinggi, metabolisme, dan lain sebagainya membuka potensi evolusi mereka. Itu membuat mereka tumbuh besar dengan cara yang tidak pernah dimiliki hewan darat lainnya.

Selain itu, dinosaurus juga mempunyai penglihatan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mamalia lainnya. Kemampuan mereka mengenal warna lebih bagus sehingga mereka juga akan memiliki tingkat waspada yang tinggi.

Saat ini, beberapa keturunan dinosaurus, burung seperti burung gagak dan beo, memiliki otak yang kompleks. Mereka dapat menggunakan alat, berbicara dan berhitung. Ini menjadi salah satu bukti bahwa spekulasi Russel mungkin benar.