China Perkenalkan 3 Astronot Awak Shenzhou 15, Bertugas 6 Bulan di Tiangong

Selasa, 29 November 2022 - 13:31 WIB
loading...
China Perkenalkan 3 Astronot Awak Shenzhou 15, Bertugas 6 Bulan di Tiangong
China memperkenalkan 3 astronot untuk misi Shenzhou 15 yang akan bertugas di Stasiun Luar Angkasa Tiangong selama 6 bulan. Foto/Ourspace/CMSA
A A A
BEIJING - China memperkenalkan 3 astronot untuk misi Shenzhou 15 yang akan bertugas di Stasiun Luar Angkasa Tiangong selama 6 bulan. Ketiga astronot segera diluncurkan dari pangkalan Jiuquan di Gurun Gobi.

Ketiga astronot awak Shenzhou 15, adalah Fei Junlong sebagai komandan, Deng Qingming dan Zhang Lu sebagai anggota kru. Komandan Fei Junlong, 57, kembali ke luar angkasa setelah menunggu selama 17 tahun.

Fei terpilih di antara angkatan pertama astronot China pada tahun 1998 dan memimpin misi Shenzhou 6 selama lima hari pada tahun 2005. Sedangkan Deng Qingming, 56, terpilih menjadi anggota astronot generasi pertama tetapi harus menunggu lama untuk kesempatan terbang ke luar angkasa.

Baca juga; China Aktif Rekrut Personel Baru untuk Korps Astronot

Zhang Lu, 46, juga melakukan perjalanan pertamanya ke luar angkasa dan merupakan bagian dari gelombang kedua astronot China yang dipilih pada Mei 2010. Badan penerbangan luar angkasa China (CMSA) yang dikendalikan militer sudah biasanya merahasiakan identitas awaknya dan baru mengumumkan menjelang peluncuran.

Peluncuran Shenzhou 15 menggunakan roket Long March 2F dilaksanakan pada Selasa 29 November 2022 pukul 23.08 waktu setempat. Ketiga astronot China akan bergabung dengan astronot dari misi Shenzhou 14 di Tiangong.
China Perkenalkan 3 Astronot Awak Shenzhou 15, Bertugas 6 Bulan di Tiangong


“Sebagai seorang astronot, saya adalah tetap berkomitmen pada aspirasi asli misi penerbangan luar angkasa dan tidak pernah berhenti berlatih,” kata Deng selama konferensi pers pada 28 November di Jiuquan dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Selasa (29/11/2022).

Baca juga; 3 Astronot China Akan Pecahkan Rekor Tinggal Terlama di Luar Angkasa

Awak Shenzhou 15 yang semuanya hobi dengan kaligrafi Tiongkok, akan bertugas selama enam bulan di luar angkasa. Mereka akan melakukan berbagai eksperimen dan memelihara stasiun luar angkasa Tiangong.

“Saya menantikan untuk menjalani misi luar biasa dalam gravitasi nol dan menyelesaikan rumah luar angkasa kita dengan tangan sendiri,” kata Zhang.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2177 seconds (10.101#12.26)