Letusan Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia Bikin Langit Hawaii Memerah

Selasa, 29 November 2022 - 19:01 WIB
loading...
Letusan Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia Bikin Langit Hawaii Memerah
Letusan gunung berapi aktif terbesar di dunia, Mauna Loa, menciptakan ledakan lava spektakuler dan menghasilkan cahaya merah terang di langit Hawaii. Foto/Twitter
A A A
HONOLULU - Letusan gunung berapi aktif terbesar di dunia, Mauna Loa, melepaskan gumpalan besar abu dan gas beracun bersama aliran lava. Letusan juga telah menciptakan ledakan lava spektakuler dan menghasilkan cahaya merah terang di langit Hawaii .

Gunung Mauna Loa meletus Minggu 27 November 2022 sekitar pukul 23:30 waktu setempat. Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) dan Observatorium Gunung Api Hawaii, sejauh ini aliran lahar tidak menimbulkan ancaman bagi masyarakat sekitar.

Satelit GOES West yang dioperasikan National Oceanographic and Atmospheric Administration (NOAA) menyaksikan letusan dari posisinya di orbit geosinkron. Gambar animasi yang dibagikan oleh NOAA menunjukkan tanda panas dari letusan dan semburan gas besar menyebar ke timur laut pulau Hawaii.

Baca juga; Gunung Api Mauna Loa di Hawaii Meletus untuk Pertama Kalinya Dalam 38 Tahun

Gambar lain yang dibagikan oleh Urusan Publik Satelit NOAA menunjukkan letusan dalam inframerah, menggambarkan secara rinci panas yang dihasilkan oleh letusan. USGS membagikan gambar aliran lahar yang dihasilkan, yang bergerak menuruni lereng ke utara gunung berapi.

“Kekhawatirannya adalah akan ada aliran lahar ke Hilo, tapi sepertinya tidak terjadi saat ini. Jika ternyata buruk, akan ada evakuasi orang-orang dari daerah yang diperkirakan akan meluap ke pusat-pusat evakuasi,” kata Takeuchi seorang fotografer di Honolulu dikutip SINDOnews dari laman rnz, Selasa (29/11/2022).

Gunung Mauna Loa terletak di Hawaii County yang lebih dikenal sebagai Pulau Besar, terakhir meletus pada tahun 1984. Gunung Mauna Loa menjulang 13.679 kaki (4.169 meter) di atas permukaan laut dan membentang seluas lebih dari 5.179 km persegi, menutupi separuh Pulau Besar.
Letusan Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia Bikin Langit Hawaii Memerah


Mauna Loa telah memuntahkan lava hingga 200 kaki (60,96 meter) di langit, sebagai letusan pertamanya dalam hampir 40 tahun. Menurut Hawaiian Volcano Observatory (HVO) letusan saat ini terfokus ke Zona Rift Timur Laut dan tidak mengancam komunitas terdekat.

Baca juga; Riset Baru Temukan Gunung Berapi Terbesar

Tiga dari celah atas gunung berapi telah meletus, dengan air mancur lava tertinggi mencapai sekitar 200 kaki. Lava mulai mengalir menuruni lereng dan terhenti 11 mil (17,70 Km) jauhnya, pada ketinggian 10.000 kaki (3.048 meter) dari Saddle Road, yang dikenal sebagai Route 200, sebuah jalan yang melintasi lebar pulau.

“Cahaya besar yang memancar dari kawah gunung berapi dapat dilihat saat matahari terbit pada 28 November,” keterangan Taman Nasional Gunung Api dalam pembaruan Facebook.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2411 seconds (10.177#12.26)