Mengenal Muezza, Kucing Kesayangan Nabi Muhammad SAW

Kamis, 01 Desember 2022 - 19:10 WIB
loading...
Mengenal Muezza, Kucing Kesayangan Nabi Muhammad SAW
Jenis kucing kesayangan Nabi Muhammad SAW ini kerap menjadi pertanyaan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Jenis kucing kesayangan Nabi Muhammad SAW ini kerap menjadi pertanyaan. Sebagian besar umat Islam mengetahui bahwa Rasulullah SAW memanglah penyayang binatang terutama kucing.

Muezza merupakan nama dari kucing peliharaan dan bahkan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Diketahui bahwa kucing tersebut memiliki bulu hitam dan putih.

Baca juga : Bercermin dari Kisah Mueeza Kucing Kesayangan Nabi Muhammad SAW

Dilansir dari theislamicinformation.com, Saat kampanye Uhud, Nabi Muhammad SAW sedang menyusui anak kucingnya. Karena itu beliau mengubah jalur prajuritnya. Sekembalinya, dia mengadopsi kucing itu dan menamainya "Muezza". Begitu azan dikumandangkan, Muezza sedang tidur di salah satu lengan jubahnya.

Lalu sebenarnya apakah jenis kucing yang bernama Muezza ini?

Dari beberapa sumber yang telah ditelusuri terdapat dua pendapat, ada yang berpendapat bahwa kucing tersebut berjenis Abyssinian.

Kucing ini merupakan salah satu kucing domestik tertua di dunia. Bahkan beberapa pendapat menyebutkan kucing ini telah ada di zaman mesir kuno.

Hal tersebut karena ciri fisik kucing ini yang sering tergambar pada lukisan kuno Mesir. Namun ada juga yang berpendapat bahwa kucing ini berasal dari wilayah Ethiopia yang sebelumnya disebut Abyssinia.

Untuk ciri fisiknya sendiri, kucing ini berpostur ramping, berekor panjang, berbulu pendek dan memiliki telinga yang besar.

Untuk usianya sendiri kucing ini diperkirakan dapat berusia hingga 13-15 tahun. Panjangnya umur kucing ini disokong oleh karakteristik tubuh endomorfik serta keaktifan mereka dalam bergerak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1499 seconds (10.177#12.26)