Benarkah Nikola Tesla Pernah Dikhianati oleh Thomas Edison? Simak Penjelasannya!

Sabtu, 03 Desember 2022 - 16:29 WIB
loading...
Benarkah Nikola Tesla Pernah Dikhianati oleh Thomas Edison? Simak Penjelasannya!
Thomas Edison dan Nikola Tesla memang pernah bekerja sama, dan sama-sama ilmuwan besar dunia. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Nikola Tesla dikenal sebagai penemu dan menjadi salah satu tokoh berpengaruh dalam sejarah dunia. Bahkan, Tesla, mobil listrik milik Elon Musk juga terinspirasi dari nama Nikola Tesla .

Dalam riwayatnya, Tesla lahir di Kekaisaran Austria (Sekarang Kroasia) pada 1856. Ayahnya yang bernama Milutin adalah seorang imam ortodoks. Sepanjang kehidupannya, Nikola Tesla sudah banyak mengalami berbagai kejadian, termasuk hal-hal yang tak mengenakan.

Salah satunya adalah pernah terlibat perselisihan dengan sesama ilmuwan besar dunia Thomas Edison. Bahkan, ada sebagian orang menyebutkan bahwa salah satu ide Tesla pernah dicuri oleh Edison. Benarkah demikian?

Dilansir dari laman Express UK, Sabtu (3/12), Nikola Tesla memang pernah terlibat perselisihan dengan Thomas Edison. Uniknya, Tesla sendiri kala itu sejatinya bekerja untuk Edison. Sehingga bisa dibilang saat itu mereka adalah bos dan karyawan.

Singkat cerita, Thomas Edison saat itu baru saja menemukan bola lampu listrik. Untuk menyalakannya, dia menawarkan sebuah solusi yang disebut sebagai Daya DC.

Sayangnya, generator yang digunakan selalu rusak ketika dioperasikan.

Alhasil, Edison menugaskan Tesla untuk memperbaiki generator DC tersebut. Tak hanya itu, dia juga sempat menjanjikan bayaran USD50.000 apabila berhasil. Dengan kejeniusannya, Nikola Tesla menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Benarkah Nikola Tesla Pernah Dikhianati oleh Thomas Edison? Simak Penjelasannya!

Thomas Edison dan bola lampu temuannya. Foto: ist

Saat meminta upah yang dijanjikan, Edison menolaknya. Dia beralasan bahwa tawaran kala itu adalah salah satu bentuk lelucon orang Amerika. Merasa dikhianati, Tesla keluar dari perusahaan. Di salah satu film dokumenter, dia menyebutnya dengan ‘dikotori’ oleh keserakahan Edison.

Benarkah Nikola Tesla Pernah Dikhianati oleh Thomas Edison? Simak Penjelasannya!

Paska keluar dari perusahaan Edison, Nikola Tesla mengembangkan arus listrik bolak-balik atau AC. Dia mendapat dukungan dari seorang pengusaha dan berhasil menyelenggarakan pameran listrik di Chicago pada 1893.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2416 seconds (10.55#12.26)