7 Jam Bertugas di Luar ISS, 2 Astronot NASA Pulihkan Panel Surya yang Korsleting

Senin, 05 Desember 2022 - 17:06 WIB
loading...
A A A
Energi potensial yang dipegang oleh boom komposit karbon yang digulung array cukup untuk membuka gulungannya sepanjang 19 meter tanpa memerlukan motor. “Itu luar biasa,” seru Cassada, menyaksikan susunan panel surya menyebar.

Setelah iROSA berfungsi sepenuhnya, sebuah proses yang memakan waktu sekitar 10 menit, Cassada mengencangkan dua baut untuk mengeraskan larik dan pemasangannya selesai. Panel surya yang diluncurkan sedang dipasang di depan, dan sebagian melapisi, sayap panel surya stasiun yang lebih tua dan sedikit terdegradasi.

Jika digunakan bersama-sama, sistem tenaga yang ditingkatkan akan meningkatkan pasokan listrik stasiun sebesar 20 hingga 30 persen. Setelah selesai memperbaiki panel surya dan kontrol misi memeriksa daya listrik mengalir baik melalui susunan yang baru dipasang, Cassada dan Rubio berpisah.


7 Jam Bertugas di Luar ISS, 2 Astronot NASA Pulihkan Panel Surya yang Korsleting


Cassada kembali ke pembawa iROSA untuk mulai membebaskan susunan kedua sebagai tugas awal untuk perjalanan ruang angkasa berikutnya yang sekarang direncanakan pada 19 Desember. Rubio, sementara itu, pindah ke sayap susunan surya tempel (1B) untuk melepaskan kabel.

Pengontrol penerbangan baru-baru ini mengubah perutean daya listrik untuk menghapus saluran daya IB dari penggunaan untuk memastikan baterainya berfungsi baik. Sistem stasiun yang biasanya ditenagai oleh saluran 1B dialihkan untuk menggunakan listrik dari saluran daya 1A tanpa berdampak pada operasi stasiun.

Dengan memutuskan salah satu dari empat konektor daya, Rubio memulihkan redundansi untuk sistem yang terpengaruh setelah korsleting yang tidak terduga pada 26 November. Rubio mengisolasi bagian dari array yang terkena dampak dan pengendali penerbangan diharapkan dapat memulihkan 75% dari fungsi larik 1B.

Cassada dan Rubio menyelesaikan pembersihan ruang angkasa dan menginventarisasi peralatan sebelum masuk kembali ke airlock. “Ini adalah hari yang membuat Anda ingin bertepuk tangan. Kerja bagus!,” kata direktur penerbangan Zeb Scoville sebagai tim di Pusat Kendali Misi di NASA Johnson Space Center di Houston.

Cassada dan Rubio sekarang telah mencatat 14 jam 16 menit melakukan tugas di ruang hampa udara. Ini adalah aktivitas ekstra kendaraan (EVA) yang ke-11 untuk tahun ini dan ketiga untuk Ekspedisi 68 dan ke-256 sejak 1998 untuk mendukung perakitan dan pemeliharaan ISS.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4967 seconds (0.1#10.140)