Ini Alasan Kiribati Jadi Negara Tempat Matahari Terbit Pertama Kali

Senin, 05 Desember 2022 - 20:23 WIB
loading...
Ini Alasan Kiribati Jadi Negara Tempat Matahari Terbit Pertama Kali
Kiribati, satu negara kecil yang dikelilingi laut biru terdiri dari 33 pulau di Samudera Pasifik, ditetapkan sebagai tempat matahari terbit pertama kali. Foto/Jluggage
A A A
TIRAWA - Kiribati , satu negara kecil yang dikelilingi laut biru terdiri dari 33 pulau di Samudera Pasifik, ditetapkan sebagai tempat matahari terbit pertama kali. Walaupun dari perspektif fisik Bumi yang bulat dan berputar, sebenarnya tidak ada matahari terbit pertama.

Menurut Cameron Hummels, sarjana astrofisika teoretis di Caltech, bahwa di planet kita yang berputar dan bulat, matahari merayap tanpa henti di atas cakrawala. Hanya ada serangkaian matahari terbit terus-menerus yang terjadi semakin jauh ke barat, tidak ada yang benar pertama terbit, tidak ada yang benar terakhir tenggelam.

Untuk melacak waktu, manusia membuat sistem pengatur waktu yang disepakati secara global, termasuk zona waktu dan garis penanggalan internasional. Ini untuk menandai garis di Bumi di mana satu hari berakhir dan hari berikutnya dimulai.

“Jadi matahari terbit 'pertama' yang disepakati terjadi pada garis penanggalan internasional,” kata Hummels dikutip dari laman Live Science, Senin (5/12/2022).

Baca juga; Dampak Menyaksikan Matahari Terbit, Memicu Endorfin Hingga Merangsang Syaraf

Garis penanggalan internasional melewati tengah Samudra Pasifik, sebagian besar sepanjang garis bujur ke-180. Meskipun sebagian besar merupakan garis lurus, ada beberapa titik yang menyimpang untuk menghindari pemisahan suatu negara menjadi dua zona waktu, atau karena alasan politik dan ekonomi.

Misalnya, garis penanggalan internasional menjorok hampir 3.200 kilometer ke timur di sekitar Kiribati, kumpulan pulau yang terletak di garis khatulistiwa. Kiribati memiliki zona waktu paling awal di Bumi, UTC +14.

“Jadi, hampir sepanjang tahun, seperti di dekat ekuinoks, Kiribati mendapatkan matahari terbit pertama di hari itu,” kata Hummel.

Secara khusus, tempat itu adalah pulau tak berpenghuni paling timur di Kiribati, yaitu Pulau Milenium yang dikenal sebagai Pulau Caroline. Pulau yang juga disebut Millennium Island sering kali menjadi tempat pertama di Bumi yang menyambut matahari.

Baca juga; Viral Matahari Terbit dari Utara, Lapan: Karena Kemiringan Sumbu Rotasi Bumi
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1994 seconds (11.252#12.26)