Rabu, 07 Desember 2022 - 13:54 WIB
2. Hydra
3 Hewan yang Bisa Hidup Abadi, Semua Punya Rahasia Unik

Hydra terlihat agak mirip dengan tahap polip ubur-ubur, tubuhnya berbentuk tabung dengan mulut bercincin tentakel di salah satu ujungnya dan kaki perekat di ujung lainnya. Mereka adalah hewan yang sangat sederhana, tinggal di satu tempat dan menggunakan tentakel penyengat untuk menangkap mangsa yang melewatinya.

Mereka sepertinya mereka tidak mengalami penuaan sama sekali. Alih-alih memburuk secara bertahap dari waktu ke waktu, sel-sel induk Hydra memiliki kapasitas pembaruan diri yang tak terbatas. Kemampuan ini berkat seperangkat gen tertentu yang disebut gen FoxO, yang ditemukan pada hewan dari cacing hingga manusia dan berperan dalam mengatur berapa lama sel akan hidup.

Dalam kasus sel induk Hydra, tampaknya ada ekspresi gen FoxO yang meluap-luap. Ketika para peneliti mencegah gen FoxO berfungsi, mereka menemukan bahwa sel-sel Hydra mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan dan tidak akan beregenerasi lagi seperti sebelumnya. Belum diketahui persis cara kerjanya, namun gen memainkan peran penting dalam mempertahankan keremajaan Hydra yang tak ada habisnya.

3. Lobster
3 Hewan yang Bisa Hidup Abadi, Semua Punya Rahasia Unik

Lobster juga tidak mengalami penuaan. Namun, tidak seperti ketergantungan Hydra pada gen tertentu, umur panjang mereka berkat kemampuan memperbaiki DNA tanpa henti.

Biasanya, selama proses penyalinan DNA dan pembelahan sel, tutup ujung pelindung pada kromosom, yang disebut telomere, perlahan menjadi semakin pendek. Ketika terlalu pendek, sel memasuki penuaan dan tidak dapat lagi terus membelah.

Lobster tidak mengalami masalah ini berkat pasokan enzim yang disebut telomerase yang tidak pernah habis, yang berfungsi untuk terus meregenerasi telomer. Mereka menghasilkan banyak enzim ini di semua sel mereka selama masa dewasanya, memungkinkan mereka mempertahankan DNA awet muda tanpa batas.