SpaceX Siap Luncurkan 40 Satelit Internet OneWeb

Kamis, 08 Desember 2022 - 23:11 WIB
loading...
SpaceX Siap Luncurkan 40 Satelit Internet OneWeb
SpaceX siap meluncurkan satelit internet dalam jumlah besar untuk perusahaan komunikasi OneWeb pada Kamis 8 Desember 2022. Foto/SpaceX
A A A
FLORIDA - SpaceX siap meluncurkan satelit internet dalam jumlah besar untuk perusahaan komunikasi OneWeb pada Kamis 8 Desember 2022. Roket Falcon 9 yang membawa 40 satelit OneWeb dijadwalkan lepas landas dari Kennedy Space Center (KSC) NASA di Florida.

Jika semua berjalan sesuai rencana, tahap pertama Falcon 9 akan kembali untuk mendarat di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral, yang bersebelahan dengan KSC. Hanya diperlukan waktu kurang dari delapan menit setelah lepas landas.

Menurut SpaceX ini akan menjadi peluncuran dan pendaratan keempat untuk booster khusus ini. Sebelumnya SpaceX meluncurkan misi kargo Dragon ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk NASA pada Desember 2021.

Baca juga; SpaceX Luncurkan 53 Satelit Starlink ke Orbit

Kemudian, pesawat ruang angkasa Hotbird 13F Eutelsat pada bulan Oktober, dan satu batch statellite internet Starlink SpaceX. Kali ini meluncurkan satelit internet milik OneWeb.

Untuk tahap atas Falcon 9, akan meluncurkan satelit OneWeb ke orbit dan menyebarkan pesawat ruang angkasa yang berjumlah tiga set. Penyebaran dimulai 58 menit setelah peluncuran dan berakhir 30 menit setelah itu.

OneWeb sedang membangun konstelasi broadband 648-satelit di orbit rendah Bumi, yang akan bersaing sampai taraf tertentu dengan Starlink SpaceX. Lebih dari 460 pesawat ruang angkasa OneWeb telah mencapai orbit hingga saat ini.

Sebagian besar di antaranya menggunakan roket Soyuz buatan Rusia yang dioperasikan oleh perusahaan Prancis Arianespace. Kerja sama ini berantakan setelah Rusia menginvasi Ukraina Februari 2022, sehingga meninggalkan celah peluncuran untuk OneWeb.

Baca juga; SpaceX Sukses Terbangkan 4 Astronot Sipil ke Luar Angkasa

Perusahaan segera mengisinya dengan menandatangani kesepakatan dengan SpaceX dan New Space India Limited (NSIL). Peluncuran pertama di bawah kesepakatan NSIL terjadi pada 21 Oktober, ketika roket GSLV Mark III India berhasil melontarkan 36 pesawat ruang angkasa OneWeb.

Peluncuran berikutnya dengan SpaceX pada Kamis 8 Desember 2022, akan menjadi misi OneWeb pertama SpaceX. Peluncuran sebenarnya dijadwalkan pada Selasa 6 Desember 2022, tetapi SpaceX menunda untuk melakukan lebih banyak pemeriksaan.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1542 seconds (10.101#12.26)