Tengkorak Kepala T-Rex Dilelang, Harga Diperkirakan Tembus Rp311 Miliar

Jum'at, 09 Desember 2022 - 07:45 WIB
Tengkorak Kepala T-Rex Dilelang, Harga Diperkirakan Tembus Rp311 Miliar
Fosil tengkorak kepala T-Rex yang akan dilelang di Sothebys, New York. Foto: ist
NEW YORK - Mungkin ini akan jadi tengkorak kepala Tyrannosaurus rex (T-Rex) termahal yang pernah dijual. Tengkorak tersebut berusia sekitar 76 juta tahun. Dan rencananya akan dilelang hari ini di New York.

Harganya, bisa bikin geleng-geleng kepala. Pihak Sotheby's , rumah lelang yang menangani penjualan, memperkirakan fosil kepala T-Rex itu akan mencapai USD 20 juta (Rp311 miliar).

Tengkorak tersebut memiliki berat 90 kilogram. Dijuluki Maximus, karena ukurannya sangat besar. Terdiri dari sebagian besar tulang luar di sisi kanan dan kiri, serta rahang utuh dengan banyak gigi atas dan bawah.

Sotheby's mengatakan tengkorak T-Rex adalah salah satu yang terlengkap yang pernah ditemukan.

Fosil tersebut digali selama penelitian pada 2020 dan 2021 di lahan pribadi di Harding County, Dakota selatan.

Tepatnya, di formasi Hell Creek. Yakni, bentangan bebatuan yang membentang melintasi sebagian Montana, Dakota Utara, Dakota Selatan, dan Wyoming. Ditempat itulah ditemukan banyak fosil Zaman Kapur, termasuk spesimen terkenal, “Sue the T-Rex”.

Sue sendiri tetap menjadi kerangka T-Rex paling utuh dan paling lengkap yang pernah ditemukan.

Spesimen tersebut dijual oleh Sotheby's seharga USD 8,3 juta (Rp130 miliar) pada 1997, dan saat ini dipajang di Field Museum di Chicago.

Lainnya itu, ada juga fosil T-Rex yang diberi nama Stan dan dijual pada 2020 dengan rekor USD 31,8 juta (Rp 483 miliar). Fosil tersebut lagi-lagi digali juga dari Formasi Hell Creek.

Formasi geologis itu telah menghasilkan spesimen Zaman Kapur lainnya, antara lain fosil Triceratops, Edmontosaurus dan Ankylosaurus.

Tengkorak Maximus sendiri tingginya sekitar 198 cm dan dipasang di atas alas besi. Sisa kerangka spesimen sebagian besar hancur akibat erosi di lokasi penggalian, menurut Sotheby's.

Tulang tersebut diperkirakan berasal dari T-Rex dewasa. Nantinya, pembeli akan mendapatkan paket lengkap. Tidak hanya tengkorak Maximus, tapi juga foto-foto di lapangan, inventarisasi tulang dan fragmen tulang, juga dokumentasi kondisi fosil, keaslian dan legalitaskepemilikan.