NASA Segera Umumkan Nama Astronot untuk Kru Misi Artemis II Awal 2023

Selasa, 13 Desember 2022 - 15:59 WIB
loading...
NASA Segera Umumkan Nama Astronot untuk Kru Misi Artemis II Awal 2023
NASA segera mengumumkan nama astronot untuk kru penerbangan luar angkasa dari misi Artemis II pada awal 2023. Foto/NASA
A A A
FLORIDA - NASA segera mengumumkan nama astronot untuk kru penerbangan luar angkasa dari misi Artemis II pada awal 2023. Rencana pengumumkan kru misi Artemis II akan dilakukan menyusul suksesnya misi Artemis I misi tak berawak ke Bulan.

“Tujuan kami selanjutnya adalah mengumumkan nama kru (misi Artemis II) pada awal 2023. Itu adalah rencana kami selanjutnya, jika misi Artemis I yang masih berjalan semuanya terlihat baik,” kata Vanessa Wyche, Direktur Johnson Space Center NASA dikutip dari laman The Hill, Selasa (13/12/2022).

Untuk misi Artemis II, direncanakan ada empat astronot untuk melakukan perjalanan mengelilingi bulan dan peluncuran dijadwalkan dilakukan dalam dua tahun ke depan. Sesuai rencana, menyusul dikirimkan misi Artemis III, yang akan mengirim dua astronot, termasuk seorang wanita dan orang kulit berwarna, ke permukaan bulan pada tahun 2025 atau 2026.



Diketahui misi Artemis I sukses mengirim penerbangan tak berawak mengelilingi bulan, dengan kapsul Orion yang meluncur kembali ke Bumi dengan kecepatan lebih dari 32 kali kecepatan suara pada Minggu 11 Desember 2022. Kapsul Orion melakukan perjalanan lebih dari 40.000 mil melewati bulan dan sekitar 268.000 mil dari Bumi.

Pesawat ruang angkasa Orion dari misi Artemis I, membawa tiga boneka di dalamnya. Orion menembus suhu melebihi 5.000 derajat Fahrenheit sebelum mendarat mulus di perairan California dekat Pulau Guadalupe.

Mike Serafin, manajer misi Artemis, mengatakan keberhasilan penerbangan Orion berarti NASA sekarang memiliki sistem transportasi ruang angkasa dasar. “Seperti inilah kesuksesan misi itu,” katanya.
NASA Segera Umumkan Nama Astronot untuk Kru Misi Artemis II Awal 2023


Administrator NASA Bill Nelson menjelaskan bahwa program Artemis bertujuan jangka panjang untuk mendaratkan manusia di Mars pada akhir tahun 2030-an. Jadi misi Artemis terus berlanjut sampai tujuan akhir mendaratkan manusia di Bulan dan Mars terwujud.



Sementara itu, Jim Free, Associate Administrator Pengembangan Sistem Eksplorasi, mengatakan masih ada sedikit pekerjaan untuk tim menjelang peluncuran Artemis II yang dijadwalkan pada 2024. Pejabat NASA akan meninjau rim data dan melakukan analisis penerbangan untuk meningkatkan misi masa depan.

“Satu hal yang selalu kami khawatirkan, dari apa yang telah kami pelajari dari Artemis I dan apakah ada perubahan yang harus kami lakukan. Itulah beberapa pekerjaan yang akan kami lalui,” ujar Free.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4029 seconds (0.1#10.140)