6 Fakta Menarik Selat Gibraltar, Tempat yang Menghubungkan Dua Perairan dan Pernah Disebut dalam Al Qur’an

Selasa, 13 Desember 2022 - 16:04 WIB
loading...
6 Fakta Menarik Selat Gibraltar, Tempat yang Menghubungkan Dua Perairan dan Pernah Disebut dalam Al Qur’an
Terdapat sejumlah fakta menarik terkait Selat Gibraltar, tempat yang menghubungkan dua perairan berbeda, namun tidak bisa menyatu. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah fakta menarik terkait Selat Gibraltar, tempat yang menghubungkan dua perairan berbeda, namun tidak bisa menyatu. Selat Gibraltar berada di antara Benua Eropa dan Afrika .

Selat ini memisahkan negara Spanyol dan juga Maroko. Pada perkembangannya, selat ini menjadi salah satu kawasan tersibuk dengan letak geografisnya yang memang potensial.

Baca juga : Kebenaran Surat Ar Rahman 19-20, Selat Gibraltar Salah Satu Bukti

Dilansir dari laman Marine Insight, berikut sejumlah fakta menarik dari Selat Gibraltar.

1. Asal Usul Namanya

Gibraltar sendiri diketahui berasal dari bahasa Arab, yakni “Jabal al Tariq”. Adapun hal ini kemungkinan besar mengacu pada sebuah batu besar yang berada di sekitar selat tersebut.

Dalam bahasa Arab, Jabal berarti “gunung”. Sementara Tariq mengacu pada komandan dari Afrika Utara yang pernah memimpin ekspedisi militer ke selat tersebut.

2. Terkenal dengan Sebutan Europa Point

Seperti yang diketahui, perairan Laut Mediterania dan Samudra Atlantik sangat berbeda. Pada titik pertemuan dua perairan besar tersebut, muncul istilah Europa Point atau Punta de Europa.

Kawasan tersebut juga menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal dengan banyak bangunannya. Sebut saja seperti Harding’s Battery, Masjid Ibrahim, Mercusuar Eropa, hingga Sikorski Memorial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)