680 Fragmen Patung Buddha Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Pasar Kuno China

Selasa, 20 Desember 2022 - 18:09 WIB
loading...
680 Fragmen Patung Buddha Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Pasar Kuno China
Lebih dari 680 fragmen patung Buddha dan pahatan pagoda ditemukan saat penggalian di reruntuhan pasar kuno di Xian, Provinsi Shaanxi, barat laut China.. Foto/chinadaily/msn
A A A
BEIJING - Lebih dari 680 fragmen patung Buddha dan pahatan pagoda ditemukan saat penggalian di reruntuhan pasar kuno di Xi'an, Provinsi Shaanxi, barat laut China . Patung-patung itu ditemukan di sebuah lubang di reruntuhan Pasar Timur, pusat komersial utama selama Dinasti Tang (618-907).

Banyak patung Buddha dihiasi dengan gambar berwarna dan elemen emas, yang merupakan gaya seni Buddha yang unik selama Dinasti Tang. “Patung Buddha terbuat dari tanah liat, keramik, dan batu, dan sebagian besar telah rusak,” kata Han Jianhua dari Institut Arkeologi di bawah Akademi Ilmu Sosial China, dikutip dari laman china.org, Selasa (20/12/2022).

Berdasarkan spekulasi Han, patung-patung tersebut mungkin terkait dengan aula Buddha atau gudang toko yang terletak di jalan. Han menambahkan bahwa patung-patung tersebut dikemas dan dipindahkan ke tempat lain untuk perlindungan yang lebih baik dan penelitian lebih lanjut.


680 Fragmen Patung Buddha Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Pasar Kuno China


Para arkeolog juga menemukan jalan setapak, parit drainase, dan fondasi rumah, serta sejumlah besar peninggalan budaya Dinasti Tang. Termasuk mangkuk tiga warna, di reruntuhan Pasar Timur.

Reruntuhan pasar ditemukan pada akhir 1950-an dengan luas sekitar 1 km persegi. Situs ini memiliki panjang lebih dari 1.000 meter dan lebar 924 meter.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)