Begini Asal Usul Penyematan Nama Laut Hitam, Apakah Benar Lautnya Berwarna Hitam?

Rabu, 21 Desember 2022 - 14:33 WIB
loading...
Begini Asal Usul Penyematan Nama Laut Hitam, Apakah Benar Lautnya Berwarna Hitam?
Laut Hitam atau biasa dikenal juga sebagai Euxine Sea. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Laut Hitam atau biasa dikenal juga sebagai Euxine Sea merupakan sebuah laut pedalaman yang terletak antara ujung tenggara Eropa dengan Asia Kecil atau Anatolia.

Dengan kedalaman sekitar 2.212 meter, laut ini menjadi titik pertemuan banyak sungai seperti Danube, Southern Bug, Dnieper, Rioni, hingga Dniester. Selain itu, Laut Hitam juga terhubung dengan Laut Mediterania melalui selat Bosporus.

Pada perkembangannya, Laut Hitam mungkin dikenal sebagian orang karena namanya yang unik. Akan tetapi, anggapan bahwa Black Sea merupakan laut yang berwarna hitam adalah tidak benar.

Baca juga : Mengapa Hewan dan Tumbuhan Tidak Bisa Hidup di Laut Mati?

Dikutip dari laman Marine Insight, Rabu (21/12/2022), salah satu teori terkait penamaan Laut Hitam ini didasarkan untuk menunjukan letaknya yang sulit untuk dinavigasi para pelaut yang melewatinya.

Selain itu, sebelum orang-orang menyebutnya sebagai Laut Hitam, dulu namanya adalah “Inhospitable Sea” atau Laut yang tidak ramah. Hal ini didasarkan karena rumor keberadaan suku-suku liar yang mendiami daerah pantainya.

Selain itu, teori yang cukup populer adalah pemberian nama Laut Hitam ini diberikan oleh orang Turki di abad pertengahan. Jadi, saat periode Kekaisaran Ottoman, orang-orang Turki menyebut laut tersebut dengan Bahr-e Siyah atau Karadeniz yang berarti ‘“Laut Hitam” dalam bahasa Ottoman.

Teori lainnya, asal usul penyematan nama Laut Hitam ini didasarkan atas badai selama musim dingin yang membuat air laut di sana tampak hitam. Sehingga para pelaut kemudian menyebutnya dengan Black Sea.

Baca juga : Indonesia Ternyata Punya Laut Mati seperti di Mediterania

Dari sekian banyak teori yang muncul terkait penamaan Laut Hitam ini, terdapat cukup banyak rumor menakutkan dari perairan tersebut.

Salah satunya adalah rumor yang menyebut sisa sisa kapal, manusia, serta benda lain yang mudah terurai masih ditemukan di dasar lautnya. Akan tetapi, setelahnya muncul penjelasan ilmiah yang mengatakan hal tersebut terjadi karena sifat anoxic dari lapisan air laut yang lebih rendah, sehingga proses dekomposisinya sangat lambat.

Terlepas dari semua misteri yang menyelimuti Laut Hitam, faktanya perairan ini menjadi salah satu tujuan liburan populer di setiap tahunnya. Dengan pegunungan yang tinggi dan pantai indah, negara-negara di tepi Laut Hitam menjadi destinasi bagi pecinta traveling.

Jadi, dapat dipahami bahwa asal-usul penyematan nama Laut Hitam ini memiliki banyak versi yang berbeda-beda. Beberapa teori yang menyebut berasal dari bahasa Turki “Karadeniz”, serta ada juga yang didasarkan pada nama “Inhospitable Sea” atau Laut Tak Ramah akibat sulit dinavigasi para pelaut.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)