Formula Parfum Tapputi yang Legendaris di Zaman Mesopotamia Terungkap, Ada Ritual Khusus

Kamis, 22 Desember 2022 - 22:52 WIB
loading...
Formula Parfum Tapputi yang Legendaris di Zaman Mesopotamia Terungkap, Ada Ritual Khusus
Bagaimana cara pembuatan dan formula parfum Tapputi terungkap dari tablet (prasasti) tanah liat kuno yang ditemukan di Assur, ibu kota negara-kota Asyur Lama di Irak modern. Foto/GreekReporter
A A A
ANKARA - Parfum atau wewangian sudah dikenal sejak zaman Mesopotamia sekitar 3.200 tahun lalu. Salah satu pembuat parfum legendaris zaman Mesopotamia dikenal dengan Tapputi yang memiliki formula dan ritual khusus untuk membuat wewangian.

Bagaimana cara pembuatan dan formula parfum Tapputi terungkap dari tablet (prasasti) tanah liat kuno yang ditemukan di Assur, ibu kota negara-kota Asyur Lama di Irak modern. Tablet yang menggunakan aksara huruf paku menunjukkan langkah-langkah bagaimana Tapputi membuat parfum.

Daerah tempat tablet ditemukan adalah bagian dari Mesopotamia Babilonia pada milenium kedua SM, dan tablet tersebut berasal dari tahun 1200 SM. Prasasti di tablet menampilkan nama lengkap sebagai Tapputi-Belatekallim, dengan Belatekallim berarti "penjaga rumah wanita".



Tapputi juga digambarkan sebagai penghasil parfum Mesopotamia yang bagus. Tapputi mendapatkan reputasi sebagai ahli kimia wanita pertama di Mesopotamia dan pembuat parfum wanita pertama di dunia.

Tim ilmuwan Turki bekerja sama dengan Turkey Smell Academy and Scent Culture Association melakukan investigasi ekstensif untuk mengetahui metodologi pembuatan parfum Mesopotamia Tapputi. Para pakar lain dari berbagai bidang juga turut ambil bagian dalam proses penelitian wewangian Tapputi di laboratorium.

Pakar wewangian kuno yang terkenal dan pemimpin Turkey Smell Academy and Scent Culture Association, Bihter Turkan Ergul menjelaskan, dalam tablet yang ditemukan diperoleh jawaban tentang bagaimana Tapputi menghasilkan aroma dan bagaimana membuat proses penyulingan.

Menurut prasasti pada tablet, terungkap bahwa Tapputi menggunakan kombinasi berbagai jenis bunga, minyak, calamus, Cyperus, mur, lobak pedas, rempah-rempah, dan balsam di antara bahan-bahan lain untuk membuat parfum.



Selanjutnya, Tapputi mencampurkan berbagai ramuannya dengan air atau pelarut lain, menyaringnya, dan kemudian menyaring produk cairnya berkali-kali untuk menciptakan formula parfum Mesopotamia yang lebih murni dan harum.
Formula Parfum Tapputi yang Legendaris di Zaman Mesopotamia Terungkap, Ada Ritual Khusus


Para ilmuwan mengungkapkan, sebagai bagian dari metodologi pembuatan parfum, Tapputi akan membuat parfum ketika bulan purnama dengan bintang-bintang bertaburan di langit malam. Itu adalah salah satu ritual misterius Tapputi dalam aktivitas pembuatan parfum Mesopotamia yang terungkap dalam tablet.

Setelah menguraikan prasasti, Ergul dan tim ahlinya menghasilkan dua puluh tujuh halaman terjemahan dari tablet yang berkaitan dengan parfum. Menurut Ergul, setiap keterangan pada tablet menghadirkan kegembiraan karena seolah merasakan wewangian kuno yang legendaris.

“Kami tinggal di tanah yang memiliki budaya aroma berusia 8.000 tahun. kami mempertahankan tradisi wewangian yang telah ada di tanah ini,” kata Ergul dikutip dari laman greekreporter, Kamis (22/12/2022).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2483 seconds (0.1#10.140)