Hidrogel, Obat Ajaib Hentikan Pendarahan Luka Tembak Tentara di Medan Perang

Selasa, 27 Desember 2022 - 15:21 WIB
loading...
Hidrogel, Obat Ajaib Hentikan Pendarahan Luka Tembak Tentara di Medan Perang
Menghentikan pendarahan pada luka tembak adalah salah satu tindakan penting untuk menyelamatkan nyawa tentara di medan perang. Foto/NewAtlas
A A A
LOS ANGELES - Menghentikan pendarahan pada luka tembak adalah salah satu tindakan penting untuk menyelamatkan nyawa tentara di medan perang. Saat ini ilmuwan menemukan obat ajaib yang mampu menghentikan pendarahan secara cepat pada tentara yang terluka di medan perang.

Menurut analisis antara tahun 2001 dan 2011, sebanyak 87,3% dari semua kematian di medan perang terjadi sebelum tentara mencapai fasilitas perawatan medis dan 90,9% korban meninggal karena pendarahan. Jadi solusi untuk menekan jatuh korban jiwa pada tentara di medan perang adalah menghentikan pendarahan secepat mungkin.

Para ilmuwan telah menemukan obat ajaib untuk menghentikan pendarahan secara cepat yang disebut hidrogel. Hebatnya, hidrogel ini aktif menghentikan pendarahan setelah dipanaskan oleh suhu tubuh, sehingga mudah diberikan di medan perang.



Hidrogel disebut bahan ajaib karena rantai molekulnya dapat menyimpan air dalam jumlah yang signifikan. Dengan kandungan airnya yang tinggi, hidrogel sering digunakan dalam bidang medis, menangani tugas-tugas seperti mengisi cakram tulang belakang yang rusak dan membuat implan otak.

Hidrogel juga telah dipelajari secara luas sebagai perban, menggunakan protein untuk membunuh bakteri pada luka, membantu menutup sayatan di saluran pencernaan, dan mengikat kulit basah melalui penggunaan ultrasound. Terbaru, hidrogel mampu menghentikan pendarahan pada luka.

“Perban hidrogel belum mampu memberikan perawatan pendarahan yang cepat dan sensitif terhadap suhu dengan cara yang terkendali,” keterangan para peneliti Institut Tarasaki yang berbasis di Los Angeles, dikutip SINDOnews dari laman NewAtlas, Senin (27/12/2022).
Hidrogel, Obat Ajaib Hentikan Pendarahan Luka Tembak Tentara di Medan Perang


Para peneliti juga mencampurkan koagulan darah dengan polimer yang peka terhadap suhu yang disebut poli N-isopropil akrilamida untuk menghentikan pendarahan pada luka. Hasilnya, hidrogel menjadi padat setelah terpapar ke lokasi luka dan sangat berhasil membendung aliran darah.



Terlebih lagi, gel dapat dengan mudah dihilangkan dengan menggunakan air garam dingin yang tidak menyebabkan pendarahan berlanjut. Para peneliti juga menunjukkan bahwa hidrogel dapat digunakan untuk mengobati luka apa pun, tidak hanya di medan perang, untuk meningkatkan penyembuhan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)