Jum'at, 30 Desember 2022 - 10:37 WIB
Ichthyosaurus, Monster Laut Purba yang Lebih Besar dari Ikan Paus
Ichthyosaurus terdiversifikasi menjadi berbagai ukuran tubuh. Tidak semuanya memang berukuran raksasa. Foto: ist
JAKARTA - Ichthyosaurus adalah monster laut purba yang hidup 250 juta tahun lalu. Yang membuatnya dilabeli super predator, karena ukurannya yang sangat masif. Lebih besar dibandingkan paus biru!

Ratusan juta tahun lalu bumi memang banyak dihuni “monster”. Hewan-hewan raksasa berkeliaran di bumi, termasuk di dalam laut.

Salah satunya Ichthyosaurus, yang panjangnya bisa mencapai 30 meter dan berat hinga 200 ton. Ini membuat Ichthyosaurus menjadi predator terbesar yang pernah hidup.

“Monster laut” purba itu hidup di Bumi sekitar 250 juta tahun yang lalu, tepat sebelum munculnya dinosaurus (sekitar 230 juta tahun yang lalu). Ichthyosaurus punah sekitar 90 juta tahun yang lalu, tepat sebelum dinosaurus nonavian punah.

Ichthyosaurus terdiversifikasi menjadi berbagai ukuran tubuh. Tidak semuanya memang berukuran raksasa. “Bentuknya seperti gabungan antara belut dan lumba-lumba,” ujar ahli biologi evolusi Ryosuke Motani di Departemen Geologi di University of California Davis.

Bukan Dinosaurus
Ichthyosaurus, Monster Laut Purba yang Lebih Besar dari Ikan Paus

Jangan tertipu oleh sufiks “saur” di nama Ichthyosaurus. Meskipun menempati era Mesozoikum yang sama dengan dinosaurus, ichthyosaurus bukanlah dinosaurus.

Sebaliknya, Ichthyosaurus termasuk dalam kelompok archosaurus yang terpisah dari plesiosaurus dan mosasaur. Hewan tersebut dikategorikan dalam reptil laut.

Lagi-lagi, dengan tubuh ramping, sirip, dan kepala memanjang dengan hidung runcing, reptil Ichthyosaurus juga tidak berkerabat dekat dengan lumba-lumba atau ikan.

"Dengan lingkungan yang sama, ikan, reptil air, dan mamalia air secara mandiri berevolusi menjadi bentuk yang serupa karena tubuh yang ramping adalah cara paling efisien untuk bergerak melalui media air yang padat,” tulis John Blamire, profesor biologi di Brooklyn CollegediNewYork.