Pertama Kali Muncul di California, Burung Hantu Salju Arktik Jadi Perhatian Warga

Jum'at, 30 Desember 2022 - 19:58 WIB
loading...
Pertama Kali Muncul di California, Burung Hantu Salju Arktik Jadi Perhatian Warga
Seekor burung hantu berbulu putih dari Arktik untuk pertama kali terlihat di California Selatan. Foto/Daily Mail
A A A
CALIFORNIA - Seekor burung hantu berbulu putih dari Arktik untuk pertama kali terlihat bertengger di sebuah rumah di California Selatan. Kehadiran burung hantu salju Arktik menjadi misteri bagaimana bisa tiba di California yang berjarak 2.000 mil atau 3.218 Km.

CNBC melaporkan, burung hantu salju Arktik ini terlihat beberapa kali sepanjang minggu di Cypress, melompat dari satu atap ke atap berikutnya. Pengamat burung dari seluruh negara bagian berdatangan untuk melihat burung hantu yang langka ini.

“Saya menganggap suatu kehormatan bisa melihat burung itu di California,” kata Rob Young, yang bekerja dengan Satwa Liar Sungai Santa Ana, kepada CNBC, dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Jumat (30/2/2022).



Burung hantu salju berasal dari tundra Arktik, dengan bulu hitam dan putih berbintik-bintik. Burung hantu salju ini terkadang terbang ke selatan menuju Kanada, biasanya mendarat di sepanjang pantai berpasir dan jarang mencapai California Selatan.

Burung hantu salju adalah burung hantu Amerika Utara terbesar yang menghabiskan waktunya di Kutub Utara dan bermigrasi ke Kanada dan Alaska selama musim dingin. Dalam beberapa tahun, beberapa ekor tetap tinggal di Kutub Utara dan berkembang biak sepanjang tahun.

Sementara yang lain bermigrasi ke Kanada Selatan dan bagian utara AS pada musim dingin. Bagaimana burung hantu itu melakukan perjalanan lebih dari 2.000 mil ke selatan masih menjadi misteri.
Pertama Kali Muncul di California, Burung Hantu Salju Arktik Jadi Perhatian Warga


Beberapa berspekulasi bahwa burung hantu itu menumpang kapal atau mungkin melarikan diri dari penangkaran. Burung hantu bersalju sedang bertengger di rumah yang dikelilingi oleh pohon palem, dan setidaknya 30 orang berdiri di sekitar area tersebut sekaligus.



Beberapa pakar burung lokal berspekulasi burung hantu itu mungkin burung yang sama yang terlihat beberapa minggu lalu di Los Angeles County dekat Pelabuhan Los Angeles. Namun, tidak ada yang bisa memastikannya.

Seorang peneliti SNOWStorm, Scott Weidensaul mengatakan bahwa beberapa burung hantu bermigrasi ke selatan Kutub Utara setiap musim dingin, tetapi jumlahnya berfluktuasi. “Banyak burung hantu salju yang kita lihat sekarang adalah burung muda, ini migrasi pertama mereka,” katanya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)