Arkeolog Ungkap Sisi Lain Camazotz, Batman Suku Maya

Rabu, 04 Januari 2023 - 15:00 WIB
loading...
Arkeolog Ungkap Sisi Lain Camazotz, Batman Suku Maya
teks mitologi suku maya kuno mengatakan Camazotz dipercaya memiliki kepala kelelawar dan membunuh korbannya dengan menyerang leher mereka dan lalu memenggal kepala mereka. FOTO/ IST
A A A
LIMA - Arkeolog ungkap nenek moyang Batman berasal dari suku maya kuno bernama Camazotz. Hal ini dikaitkan dengan patungkelelawar bertubuh manusia.



Leluhur Batman, Camazotz diakui memiliki gambaran yang berbeda dengan Batman versi DC. Camazotz dianggap sebagai dewa kematian karena dalam bahasa Kʼicheʼ (dieja Quiché), bahasa suku Maya yang berasal dari dataran tinggi tengah Guatemala, Camazotz berarti kelelawar kematian.

Seperti dilansir dari Live Science, Camazotz tinggal di sebuah gua dan memiliki karakteristik seperti kelelawar yang memunculkan spekulasi makhluk ini berkaitan dengan Desmodus draculae, spesies kelelawar vampir berhidung daun dari Amerika Tengah dan Selatan yang punah selama zaman Pleistosen.

Beberapa ahli percaya suku maya kuno menciptakan mitos Camazotz berdasarkan D. draculae yang merupakan kelelawar terbesar dari jenisnya dengan lebar sayap hampir setengah meter.

Popol Vuh, sebuah teks mitologi suku maya kuno mengatakan Camazotz dipercaya memiliki kepala kelelawar dan membunuh korbannya dengan menyerang leher mereka dan lalu memenggal kepala mereka.

Camazotz juga disebut sebagai salah satu dari empat setan binatang yang bertanggung jawab untuk memusnahkan umat manusia selama zaman matahari pertama, seperti dikutip dari Ancient Origins.

Lebih lanjut, setan dan monster seperti kelelawar adalah hal yang cukup lumrah di Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Contoh lain dari cerita semacam itu adalah Chonchon di Peru dan Chili, yang disebut diciptakan ketika seorang penyihir bernama Kaku melakukan ritual magis yang menyebabkan kepalanya terpenggal, lalu menumbuhkan telinga dan cakar raksasa saat mati.

Meski menyeramkan, Camazotz ini dipercayai memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit hingga memotong tali kehidupan, teman-teman.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)