Rusia Pastikan Teknologi Smartphone Jadi Penyebab Kematian Prajuritnya

Kamis, 05 Januari 2023 - 08:30 WIB
loading...
Rusia Pastikan Teknologi Smartphone Jadi Penyebab Kematian Prajuritnya
Penyelidikan Rusia sebut penggunan ponsel oleh prajurit menyebabkan kerugian ketika lokasi mereka berhasil dideteksi oleh musuh. FOTO/ IST
A A A
MOSCOW - Rusia mengklaim bahwa serangan rudal saat perayaan Tahun Baru akhir pekan lalu yang merenggut sedikitnya 89 nyawa tentara disebabkan oleh penggunaan ponsel.



Penyelidikan awal menemukan bahwa kekeraskepalaan para prajurit menyebabkan kerugian ketika lokasi mereka berhasil dideteksi oleh musuh.

“Jelas penyebab utama penyerangan adalah karena aksi mereka menggunakan ponsel secara masal. Mereka sendiri mengungkapkan lokasinya kepada musuh.Anggota yang terbukti bersalah setelah penyelidikan selesai akan dibawa ke pengadilan.''

"Tindakan tegas telah diambil untuk mencegah insiden serupa terjadi lagi," kata Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Rabu.

Menurut Moskow, sekitar enam rudal diluncurkan dari sistem roket Himars buatan Amerika Serikat (AS) di sekolah kejuruan yang menampung pangkalan militer di Makiivka di wilayah Donetsk, tetapi dua di antaranya ditembak jatuh.

"Wakil komandan resimen, Letnan Kolonel Bachurin termasuk di antara mereka yang tewas dalam serangan itu. Ini jumlah korban terbanyak sejak konflik dengan Ukraina pecah," jelas kementerian lagi.

Sementara itu, intelijen Ukraina mengklaim bahwa serangan terhadap fasilitas yang menampung sekitar 300.000 prajurit itu telah menewaskan hingga 400 orang, sementara 300 lainnya luka-luka
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)