Perbandingan Jet Tempur Siluman J-20 China dan F-35 AS, Lebih Hebat Mana?

Jum'at, 06 Januari 2023 - 17:01 WIB
loading...
Perbandingan Jet Tempur Siluman J-20 China dan F-35 AS, Lebih Hebat Mana?
Pada awal tahun 2023 pemerintah China menggambarkan sebuah insiden dimana J-20 dan F-35 terbang. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Pada awal tahun 2023 pemerintah China menggambarkan sebuah insiden dimana J-20 dan F-35 terbang secara berdekatan satu sama lain sebagai bagian dari latihan rutin para tentara militernya.

Berdasarkan hasil penerbangan tersebut, Media China sebelumnya sudah pernah mengklaim bahwa pesawat jet tempur generasi kelima Beijing J-20, lebih hebat dari jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS). Keunggulannya berada pada jangkauan dan muatan amunisi.

Baca juga : Spesifikasi Jet Tempur F-35 Israel yang dikandangkan

"Jangkauan dan muatan senjata secara luas dianggap lebih baik daripada F-35, yang memungkinkannya mencapai misi utamanya untuk mendapatkan keunggulan udara di medan perang abad 21," bunyi laporan media China, Global Times, mengutip analis pertahanan Wei Dongzu.

"Apalagi, J-20 memiliki ruang untuk perbaikan. Versi J-20 yang di-upgrade akan memiliki keunggulan luar biasa dibandingkan F-35 di masa mendatang," kata Wei. Menurut Wei J-20 telah beroperasi dengan angkatan udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) sejak awal tahun lalu.

Namun hal tersebut berlainan pendapat dengan asisten sekretaris Angkatan Udara AS, melalui media Amerika Serikat yang juga mengklaim F-35 miliknya merupakan produk yang terbaik.

Mark Shackelford, deputi akuisisi untuk asisten sekretaris Angkatan Udara AS pernah menggambarkan F-35 sebagai pembunuh rudal permukaan-ke-udara utama Amerika dan memiliki perlengkapan khusus untuk misi yang dilakukan militer AS.

Dikutip dari synergiafoundation-org, Justin Bronk, seorang peneliti yang berspesialisasi dalam kekuatan udara tempur di Royal United Services Institute telah mencatat bahwa J-20 sebenarnya menawarkan jangkauan yang lebih jauh.

J-20 memiliki kapasitas bahan bakar internal yang lebih banyak dan memiliki kemampuan senjata internal yang lebih besar jika dibandingkan dengan jet tempur AS (generasi kelima).

Baca juga : Spesifikasi Jet Tempur Jepang F-15 J Eagle yang Mencegat Drone Pengintai China Paling Canggih

Saat ini, F-35 yang dibangun untuk siluman masih bisa dideteksi oleh radar frekuensi rendah. Desain hidung dan kanopi J-20 menggunakan desain yang mirip dengan F-22 dan oleh karena itu akan sulit untuk mendeteksinya di bagian depan. Namun, sisinya bisa diekspos oleh radar.

Selain itu, harga senjata militer China yang dikembangkan sendiri biasanya seperlima hingga sepertiga lebih murah dari harga senjata AS yang serupa.

“Jika dibandingkan dengan harga beli senjata militer AS, ternyata 5 persen lebih besar dari harga sebenarnya,” kata pengamat militer Zhou Chenming dikutip dari forces.net.

Jika disimpulkan dari pernyataan beberapa ahli penerbangan, bahwa J-20 China benar-benar dapat menggeser keseimbangan geopolitik di benua Asia. Jika dibandingkan dengan F-35 milik Amerika Serikat, kemungkinan besar J-20 bisa menjadi Jet tempur yang lebih baik.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)