25-30 Januari 2023, Jangan Lewatkan Parade Lima Planet di Langit

Selasa, 10 Januari 2023 - 07:04 WIB
loading...
25-30 Januari 2023, Jangan Lewatkan Parade Lima Planet di Langit
Parade lima planet akan bisa dilihat pada 25-30 Januari 2023 nanti. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Pengin melihat sesuatu yang istimewa di langit ? Jangan sampai lewat tanggal 25 hingga 30 Januari 2023 ini.

Di tanggal-tanggal itu usahakan melihat langit di malam hari.Jika kondisi mendukung, tanpa polusi dan cuaca hujan, maka Anda akan bisa melihat parade lima planet tanpa menggunakan alat khusus.

Kelima planet itu menurut Hindustan Times adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. Sebenarnya menurut mereka kelima planet itu sudah berparade pada 2 Januari 2023 lalu.

Hanya saja memang masih banyak orang yang terlewat momen istimewa itu. Menariknya Januari 2023 justru adalah waktu yang sangat istimewa karena kelima planet itu memang bisa terlihat dengan jelas.



25-30 Januari 2023, Jangan Lewatkan Parade Lima Planet di Langit


"Mars, Jupiter, dan Saturnus relatif akan terlihat pada 18-24 Januari 2023 tetapi tampilan terbaik dari parade planet akan terjadi antara 25 Januari dan 30 Januari saat bulan akan berada di atas Saturnus dan Venus dan hanya berjarak satu derajat dari Jupiter," sebut Hindustan Times.

Parade kelima planet yang bisa dilihat secara langsung itu diketahui terjadi karena adanya konjungsi planet Venus dan Saturnus. Konjungsi planet adalah peristiwa yang terjadi ketika dua atau lebih planet tampak berdekatan di langit seperti yang terlihat dari bumi.



Ini bisa terjadi ketika planet-planet sejajar dengan bumi dan matahari, atau ketika mereka berada di sisi berlawanan dari matahari.

Umumnya konjungsi yang terjadi di antara planet dalam (Merkurius dan Venus) dan planet luar (Mars, Jupiter, dan Saturnus) relatif umum terjadi. Yang jarang terjadi justru adalah konjungsi antara planet dalam dan planet luar secara bersamaan. Nah, konjungsi planet dalam dan planet luar inilah yang akan menghadirkan momen istimewa dimana lima planet berparade dan bisa dilihat tanpa alat khusus.

"Untuk catatan bagi masyarakat perkotaan harus terlebih dulu minggir ke luar kota untuk melihat momen istimewa ini. Untuk melihat langsung dibutuhkan langit tanpa awan, tidak ada pencahayaan, dan minimnya polusi," terang Hindustan Times.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)