Satelit Inggris Deteksi 5 Jet Tempur Su-57 Rusia di Akhtubinsk, Siap Gempur Ukraina

Selasa, 10 Januari 2023 - 14:30 WIB
loading...
Satelit Inggris Deteksi 5 Jet Tempur Su-57 Rusia di Akhtubinsk, Siap Gempur Ukraina
Intelijen Inggris merilis citra satelit dari bandara di Akhtubinsk, Oblast Astrakhan, Rusia, yang diabadikan pada 25 Desember 2022. Foto/UK MoD/Bulgarian Military/TASS
A A A
LONDON - Intelijen Inggris merilis citra satelit dari bandara di Akhtubinsk, Oblast Astrakhan, Rusia, yang diabadikan pada 25 Desember 2022. Pengamatan lebih dekat pada salah satu gambar satelit menunjukkan setidaknya ada lima pesawat tempur siluman Su-57 Felon.

Akhtubinsk adalah sebuah kota di wilayah Astrakhan, terletak dekat Sungai Volga. Jarak udara antara Akhtubinsk dan titik terdekat di Ukraina hanya 500 km. Kota ini adalah pusat administrasi distrik Akhtubinsky dengan populasi per 1 Januari 2018 sebanyak 37.560 jiwa.

Menurut analisis intelijen Inggris, Rusia menggunakan lima Su-57 Felons untuk melakukan serangan rudal udara-ke-udara terhadap sasaran di Ukraina. London mengklaim bahwa Rusia menggunakan Su-57 untuk serangan udara di luar jangkauan visual.



Alasannya, Rusia takut kehilangan reputasinya jika pesawat tempur tercanggih di Angkatan Udara Rusia ditembak jatuh saat menyerbu Ukraina. Menteri Pertahanan Federasi Rusia Sergey Shoigu membenarkan analisis intelijen Inggris.

Shoigu mengatakan bahwa Su-57 tampil sangat baik untuk menyerang target di luar jangkauan visual. Dia mengkonfirmasi bahwa Su-57 Felon sudah lama mengambil bagian dalam operasi militer, sejak konflik di Suriah.

Dikutip dari laman BulgarianMilitary, Selasa (10/1/2023), partisipasi Su-57 dalam aksi militer Rusia di Ukraina juga tidak bisa dianggap remeh. Meskipun Rusia belum menggunakan kemampuan Su-57 secara penuh.

Kehadiran Su-57 mengindikasikan rencana Moskow untuk mulai mengurangi penggunaan jet tempur generasi ke-4. Pakar Rusia mengklaim bahwa Rusia akan mengurangi kuantitas dan produksi domestik pesawat tempur Su-30 Flanker-C, Su-34 Fullback, dan Su-35 Flanker-E.


Satelit Inggris Deteksi 5 Jet Tempur Su-57 Rusia di Akhtubinsk, Siap Gempur Ukraina


Apalagi Moskow telah lama mengungkapkan fasilitas produksi baru pabrik A Gagarin di Komsomolsk, Amur. Termasuk penggunaan mesin Izdelie 30 yang akan memberi tenaga pada pesawat baru Su-57 yang baru diproduksi.

Rusia juga berencana memiliki skuadron Su-57 pertama di resimen udara ke-23 yang terletak di dekat pabrik di Amur. Pada 28 Desember, Angkatan Udara Rusia menerima lagi pengiriman empat Su-57 Felons.

CEO Rostech Sergey Chemezov mengatakan bahwa pengiriman tersebut sesuai rencana yang dijadwalkan pada 2022. Untuk pesawat tempur Su-57 yang akan dikirim pada awal tahun 2023 juga sudah dalam produksi.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)