Spesifikasi Type 99 A, Tank milik China Lapis Baja Tercanggih

Rabu, 11 Januari 2023 - 13:12 WIB
loading...
Spesifikasi Type 99 A, Tank milik China Lapis Baja Tercanggih
China belakangan ini kerap mengejutkan dunia dengan perkembangan persenjataan militer yang dimiliki. Foto DOK fighting-vehicles
A A A
JAKARTA - China belakangan ini kerap mengejutkan dunia dengan perkembangan persenjataan militer yang dimiliki. Salah satu perlengkapan tempur yang menjadi andalan Negeri Tirai Bambu saat ini adalah tank Type 99 A.

Kendaraan lapis baja ini digadang-gadang sebagai tank tempur paling canggih milik China. Tank tempur utama Type 99A merupakan pengembangan dari MBT Type 98. Meski masih memiliki kemiripan secara tampilan, namun terdapat beberapa perbaikan dan pembaharuan yang dilakukan di Type 99A ini.

Salah satunya adalah bagian perlindungan lapis baja yang dinilai lebih kokoh ketimbang sebelumnya. Tank utama ini juga sedikit meniru desain dan teknologi dari kendaraan tempur Rusia.

Baca juga : Spesifikasi Robot Uran-9, Tank Tak Berawak Rusia dengan Senjata Mengerikan

Dilansir dari military-today.com, Type 99 A telah mulai dikembangkan pada tahun 2000 dan mulai beroperasi tahun 2001. Diketahui bahwa China memiliki sekitar 600 tank Type 99 yang telah diproduksi.

Kendaraan lapis baja ini dapat menampung 3 awak, berbekal mesin diesel bertenaga 1.500 horse power yang dapat mencapai kecepatan 80 km/jam dan dapat menempuh jarak hingga 400 km.

Berat dari tank tempur utama China ini mencapai 54 ton dengan panjang 11 meter, lebar 3,4 meter dan tinggi 2,2 meter.

Tank dari Negeri Panda ini dikatakan memiliki ketebalan pelindung baja mencapai 1.000-1.200 mm. Selain itu kendaraan ini juga diberkati dengan perlindungan NBC dan sistem pencegah kebakaran otomatis.

Beralih ke bagian senjata, tank ini dipersenjatai dengan smoothbore 125 mm ZPT98 yang stabil dengan autoloader (pemuat amunisi) tipe carousel. Baik senjata maupun autoloader ini disalin dari rancangan desain dari Rusia.

Baca juga : Spesifikasi Tank T-90M Rusia, Punya Persenjataan Akurasi Tinggi dan Perlindungan Kokoh
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2490 seconds (0.1#10.140)