Peristiwa Langka, Paus Abu-Abu Melahirkan di Lepas Pantai California

Kamis, 12 Januari 2023 - 19:34 WIB
loading...
Peristiwa Langka, Paus Abu-Abu Melahirkan di Lepas Pantai California
Peristiwa langka, proses melahirkan paus abu-abu terekam kamera sekelompok pengamat paus di lepas pantai California. Foto/Capt. Daves Dolphin & Whale Watching Safari/Live Science
A A A
CALIFORNIA - Peristiwa langka, proses melahirkan paus abu-abu (Eschrichtius robustus) terekam kamera sekelompok pengamat paus di lepas pantai California, Amerika Serikat. Bahkan, ini bisa menjadi fenomena luar biasa yang pertama kali berhasil diabadikan kamera.

Peristiwa kelahiran paus abu-abu hampir tidak pernah dapat disaksikan karena habitatnya berada di lautan yang luas. Rekaman baru bisa menjadi satu-satunya bukti momen langka yang selama ini jarang diketahui.

Fenomena yang sangat langka ini terekam pada 2 Januari 2023, beberapa mil di lepas pantai Dana Point di Orange County. Ketika itu sekelompok pengamat paus sedang berkeliling menggunakan kapal Kapten Dave's Dolphin & Whale Watching Safari (DWWS).

Baca juga; Populasi Paus Abu-Abu Menurun, Banyak Ditemukan Mati Terdampar di Pantai

“Sejauh yang saya tahu, belum ada yang memfilmkan paus abu-abu melahirkan," kata pemilik DWWS Dave Anderson kepada Live Science yang dikutip SINDOnews, Kamis (12/1/2023).

Mereka melihat seekor paus abu-abu betina berukuran panjang antara 12 hingga 15 meter. Tak lama kemudian, paus abu-abu betina itu mulai bertindak secara sporadis, sebelum genangan darah muncul di permukaan.

Para pengamat khawatir melihat darah itu, karena menduga sebagai serangan hiu. Namun, kekhawatiran itu sirna ketika melihat seekor anak paus abu-abu naik ke permukaan untuk mengambil napas pertamanya.

“Ini sangat menegangkan. Ini adalah penampakan sekali seumur hidup,” kata seorang pengamat perwakilan DWWS.

Baca juga; Tawuran Massal di Lautan, 15 Orca Keroyok 2 Paus Bungkuk Betina

Induk paus abu-abu memamerkan anaknya yang baru dilahirkan ke permukaan sehingga terlihat jelas. Pada satu kesempatan, induk dan anak paus abu-abu ini berenang di bawah salah satu kapal yang ada di dekatnya.

Anak paus abu-abu yang baru dilahirkan memiliki panjang sekitar 4,5 meter, dengan warna jauh lebih gelap dari induknya. Tampaknya anak paus abu-abu memiliki ekor yang sangat fleksibel sehingga masih sulit untuk berenang.
Peristiwa Langka, Paus Abu-Abu Melahirkan di Lepas Pantai California


Anak paus abu-abu membutuhkan waktu sekitar 24 jam agar tubuh dan ekornya kuat digunakan untuk berenang. “Induk paus abu-abu memegang anaknya, menopangnya sehingga dapat membantunya untuk menarik napas,” kata Alisa Schulman-Janiger, seorang ahli biologi dari American Cetacean Society.

Paus abu-abu biasanya lebih suka melahirkan di laguna Baja California, Meksiko, yang lebih hangat daripada lautan terbuka. Paus abu-abu betina ini kemungkinan besar sedang bermigrasi ke selatan menuju Baja California dari laut Bering atau Chukchi dekat Alaska.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3428 seconds (11.97#12.26)