6 Keunggulan Meriam Self-Propelled M109A6 Paladin, Senjata AS dipasok untuk Ukraina

Jum'at, 13 Januari 2023 - 16:36 WIB
loading...
6 Keunggulan Meriam Self-Propelled M109A6 Paladin, Senjata AS dipasok untuk Ukraina
Terdapat sejumlah keunggulan meriam self-propelled M109A6 paladin yang bisa diketahui. Foto DOK peakpx
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah keunggulan meriam self-propelled M109A6 paladin yang bisa diketahui. Paladin M109A6 merupakan salah satu senjata militer Amerika Serikat untuk Ukraina.

Paladin M109A6 adalah sistem artileri meriam dengan howitzer self-propelled yang dikembangkan oleh divisi sistem darat LP pertahanan bersatu dan diproduksi di pusat operasi produksi paladin di Chambersburg yang dipasok untuk Ukraina.

Paladin pertama kali diterjunkan pada tahun 1994 secara operasional dengan tentara Amerika Serikat bersama tentara Israel dan telah dipilih oleh Kuwait dan Taiwan.

Baca juga : Spesifikasi Rudal Patriot AS untuk Ukraina, Berkecepatan Hipersonik Netralisir Rudal Balistik

Meriam Self-Propelled M109A6 Paladin adalah meriam penyempurna dari meriam sebelumnya yang memiliki laras pendek 23 kaliber. Meriam M109A6 Paladin telah dibekali dengan laras pendek 39 kaliber.

Selain dari perubahan pada bentuk munisi kaliber, ada banyak keunggulan lain yang dimiliki meriam M109A6 Paladin.

Dikutip dari situs web US. Army, Berikut 6 Keunggulan yang dimiliki Meriam Self-Propelled M109A6 Paladin yang dipasok AS untuk Ukraina.

1. Meriam dapat beroperasi secara otomatis

Meriam ini dapat beroperasi secara independen dari saat bergerak hingga menembak ke arah lawan. Selain itu meriam ini dapat mengambil posisi menembaknya secara otomatis.

Pada saat mengambil posisi, meriam mengawali dengan membuka dan mengarahkan tembakan keluar, semua gerakan tersebut tanpa bantuan teknis eksternal.

2. Dapat menembak secara cepat

M109A6 Paladin dapat menembak secara cepat dengan waktu yang sangat singkat. Meriam ini memiliki kecepatan putaran tembakan mencapai 60 detik atau satu menit sekali. Waktu tersebut tentu masuk dalam kategori meriam menembak secara cepat.

Bahkan jika mendapat bantuan teknis eksternal, meriam M109A6 Paladin dapat menembak hingga empat putaran per menit hingga jarak 30 kilometer.

3. Dapat beroperasi seharian penuh

Paladin memiliki karakteristik dan kemampuan bertahan yang meningkat seperti pengoperasian siang atau malam. Perlindungan NBC dapat mengontrol iklim

sehingga mengamankan komunikasi suara dan kru yang berada di kendaraan sepanjang misi.

Baca juga : Spesifikasi Rudal S-300 Senjata Terkuat Ukraina yang Dihancurkan Rusia

4. Memiliki jumlah awak yang cukup banyak

M109A6 Paladin memiliki awak enam komandan penembak dan tiga anggota amunisi. Jumlah tersebut tentu bisa dikatakan banyak dibandingkan dengan kendaraan pada generasi sebelumnya.

5. Periskop dapat diganti sesuai dengan kebutuhan misi

Periskop siang hari dapat diganti dengan periskop penglihatan malam pasif, hal tersebut tentu sangat membantu dalam misi penembakan terhadap musuh baik penyerangan pada siang hari maupun malam hari.

6. M109A6 Paladin termasuk jenis kendaraan amfibi

Kendaraan dapat dilengkapi dengan kit amfibi yang terdiri dari sembilan airbag empat di setiap sisi lambung dan satu di depan tas yang mengembang dari kendaraan.

Perlengkapan tersebut yang dapat mendorong kendaraan sendiri untuk melintasi sungai di jalurnya dengan kecepatan maksimum 4 mil per jam. Dengan keunggulan tersebut tentu sangat membantu militer Ukraina dalam menjalankan misinya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)