Spesifikasi Roket Zuni, Mampu Hancurkan Target Sejauh 8 Km dan Berkecepatan 2.600 Km/Jam

Sabtu, 14 Januari 2023 - 17:47 WIB
loading...
Spesifikasi Roket Zuni, Mampu Hancurkan Target Sejauh 8 Km dan Berkecepatan 2.600 Km/Jam
Roket Zuni yang dipandu laser dapat digunakan pada pesawat tempur modern AS, seperti AV-8B Harrier, A-10 Thunderbolt, dan Hawk. Foto/Sundries/TopWar
A A A
WASHINGTON - Roket Zuni dikenal sebagai roket udara ke udara dan udara ke darat yang digunakan angkatan bersenjata Amerika Serikat (AS)Biasanya roket zuni ditembakkan dari pod roket LAU-10 yang menampung empat roket.

Dikutip dari laman military-history, Sabtu (14/1/2023), roket Zuni dikembangkan pada awal 1950-an oleh insinyur Angkatan Laut AS di Stasiun Uji Persenjataan Angkatan Laut, China Lake. Roket tak berpemandu dengan diameter 127 mm ini untuk menggantikan Roket Pesawat Berkecepatan Tinggi.

Roket Zuni dapat digunakan untuk membawa berbagai jenis hulu ledak seberat 50 pon, termasuk daya ledak tinggi, tujuan ganda, dan fragmentasi. Termasuk varian iluminasi, asap, dan sekam untuk penanggulangan (countermeasures).

Baca juga; Spesifikasi Bom Tandan DPICM, Berisi 2 Jenis Granat Anti-Lapis Baja dan Personel

Dikutip dari laman topwar, roket Zuni yang memiliki ukuran panjang total 2 meter menggunakan mesin propelan padat. Roket Zuni mampu melesat mencapai kecepatan maksimum sekitar 2.600 km/jam dan mencapai target pada jarak 8 km.

Rudal tak berpandu Mk 71 dilengkapi dengan hulu ledak fragmentasi berdaya ledak tinggi seberat 40 pon atau 18,15 kg. Stabilisasi roket dalam penerbangan disediakan oleh rotasi. Setelah keluar dari perangkat awal, roket membuka stabilisator ekor yang dipasang miring ke sumbu longitudinalnya.

Sejak 2006, MBDA cabang Amerika telah secara proaktif memimpin pengembangan proyek Roket Zuni yang Dipandu Laser (Zuni Laser Guided Missile). Ide utama dari proyek Laser-Guided Zuni Rocket adalah untuk melengkapi roket Zuni yang tidak berpemandu dengan sistem kontrol WGU-58 / B.

Sistem ini diimplementasikan sebagai modul yang dipasang di kepala amunisi terarah atau berpemandu. Modul ini dilengkapi dengan sistem panduan laser dan mekanisme untuk mengontrol penerbangan roket. Ada penerima laser di kepala sistem WGU-58 / B, dan setang berbentuk X di bagian ekor.

Baca juga; Jet Tempur Tua Andalan Rusia, Su-25SM3 Grach Dilengkapi Perlindungan Anti-Rudal MANPADS

Setelah dilengkapi unit kendali, roket Zuni memiliki berat hingga 68 kg dan diperpanjang hingga 2,8 meter. Namun, karakteristik amunisi lainnya tetap sama. Roket Zuni masih mampu mencapai kecepatan hingga 2.500-2.600 km/jam dan mengenai target pada jarak 8 km.
Spesifikasi Roket Zuni, Mampu Hancurkan Target Sejauh 8 Km dan Berkecepatan 2.600 Km/Jam


Sebuah peluncur LAU-10 digunakan untuk rudal Laser-Guided Zuni Rocket. Unit ini memiliki empat pemandu berbentuk tabung untuk tempat roket. Di permukaan luar perangkat terdapat tunggangan untuk digantung di tiang pesawat atau helikopter, serta konektor untuk menghubungkan ke sistem onboard.

Roket Zuni yang dipandu laser dapat digunakan pada pesawat AS modern apa pun yang dapat menggunakan senjata tak berpemandu. Di antaranya pesawat tempur AV-8B Harrier dan A-10 Thunderbolt, pesawat tempur berbasis kapal induk F / A-18 Hornet atau jet tempur F / A-18E / F Super Hornet. Bisa juga digunakan pada helikopter AH-1 Cobra dan pesawat P-3 Orion.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1848 seconds (11.210#12.26)