Roket Falcon Heavy SpaceX Luncurkan Misi Rahasia Angkatan Luar Angkasa AS

Senin, 16 Januari 2023 - 13:52 WIB
loading...
Roket Falcon Heavy SpaceX Luncurkan Misi Rahasia Angkatan Luar Angkasa AS
Roket Falcon Heavy SpaceX meluncurkan misi rahasia untuk Angkatan Luar Angkasa AS yang disebut USSF-67. Foto/SpaceX
A A A
FLORIDA - Roket Falcon Heavy SpaceX meluncurkan misi rahasia untuk Angkatan Luar Angkasa AS yang disebut USSF-67. Falcon Heavy diluncurkan dari Kennedy Space Center (KSC) NASA di Florida, Minggu 15 Januari 2023 pukul 17:56 waktu setempat.

Misi USSF-67 membawa satelit komunikasi militer dan lima muatan satelit yang lebih kecil ke orbit. Satelit utama di USSF-67 adalah Continuous Broadcast Augmenting SATCOM 2 (CBAS-2), yang mengarah ke orbit geostasioner, sekitar 35.700 kilometer (Km) di atas Bumi.

“Liftoff USSF-67. Ayo Falcon Heavy! Ayo Angkatan Luar Angkasa!" kata seorang anggota tim misi melalui jalur komunikasi SpaceX selama peluncuran, yang disiarkan langsung oleh webcast perusahaan dikutip SINDOnews dari laman Space, Senin (16/1/2023).

Baca juga; 3 Booster Tahap Pertama Sudah Terhubung, SpaceX Siap Luncurkan Roket Falcon Heavy

Roket Falcon Heavy terdiri dari tiga tahap pertama yang dimodifikasi dari roket pekerja keras Falcon 9 SpaceX. Ketiganya diikat menjadi satu, yang di tengah menggunakan panggung atas yang membawa muatan.

Penguat tahap pertama Falcon Heavy dirancang untuk dapat digunakan kembali, seperti yang ada pada Falcon 9. Penguat samping USSF-67 mendarat dengan aman di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral, yang terletak di sebelah ke KSC, delapan menit setelah peluncuran.

Penguat pusat USSF-67 adalah kendaraan baru, dan tidak akan mendapat kesempatan untuk terbang lagi. Tahap atas Falcon Heavy, sementara itu, terus membawa muatan CBAS-2 ke orbit.

“Misi CBAS-2 untuk meningkatkan kemampuan komunikasi satelit militer dan menyiarkan data militer melalui tautan relai satelit berbasis ruang angkasa. CBAS-2 akan memberikan kemampuan relai komunikasi untuk mendukung para pemimpin senior dan komandan kombatan,” kata pejabat Angkatan Luar Angkasa.

Baca juga; SpaceX Sukses Uji Coba Mesin Booster Starship Super Heavy

Pada roket USSF-67 terdapat muatan Long Duration Propulsive ESPA (LDPE)-3A, adaptor muatan yang dapat menampung hingga enam satelit kecil. Lima dari slot itu diisi di USSF-67
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2545 seconds (11.252#12.26)