Muncul Kawah Vulkanik di Bawah Pulau Santorini, Dikhawatirkan Picu Letusan Besar

Senin, 16 Januari 2023 - 20:08 WIB
loading...
A A A
Ruangan magma itu sekarang menampung kira-kira sepertiga dari satu mil kubik atau sekitar 1,4 km kubik magma. Menurut studi Kajetan Chrapkiewicz, ahli geofisika di Imperial College London, volume magma bisa mencapai kira-kira setengah mil kubik atau 2 km kubik dalam 150 tahun ke depan.
Muncul Kawah Vulkanik di Bawah Pulau Santorini, Dikhawatirkan Picu Letusan Besar


Jumlah itu adalah perkiraan jumlah magma gunung Kolumbo yang dikeluarkan saat meletus 400 tahun yang lalu. Berarti dalam 150 tahun ke depan, ruang magma vulkanik ini diperkirakan bisa memicu letusan yang sama seperti gunung Kolumbo.

“Kami membutuhkan data yang lebih baik tentang apa yang sebenarnya ada di bawah gunung berapi ini. Sistem pemantauan berkelanjutan akan memungkinkan kami untuk memiliki perkiraan yang lebih baik tentang kapan letusan mungkin terjadi,” kata Chrapkiewicz.



Untuk mengamati gunung Kolumbo, tim ilmuwan internasional telah mendirikan observatorium dasar laut yang disebut Observatorium Vulkanik Dasar Laut Santorini, atau SANTORY. Setelah observatorium aktif dan berjalan, para ilmuwan dan ahli bahaya akan lebih siap untuk memantau kemungkinan letusan lainnya.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)