Selasa, 17 Januari 2023 - 08:00 WIB
4 Ilmuwan Kontroversial yang Bikin Geger, Nomor 3 Sudah Matikan 400 Orang
Keempart ilmuwan di atas memiliki jejak rekam yang bikin geger dalam penelitian yang mereka jalankan. Foto/IST
JAKARTA - Sebanyak empat ilmuwan pernah bikin geger dunia karena penelitian dan tindakan mereka yang kontroversial. Bahkan ada yang mengaku sudah mematikan 400 orang.

Beberapa ilmuwan disebut kontroversial karena metoda penelitian mereka yang tidak normal di mata masyarakat. Ketidaknormalan itu terjadi karena banyak upaya penelitian yang dikembangkan dilakukan dengan cara yang sangat tidak biasa.

Zaman dulu di era Perang Dunia Kedua ada sosok dokter yang sangat kontroversial yakni dokter Josef Mengele. Tokoh papan atas NAZI itu disebut Malaikat Maut karena tindakannya yang sangat gila melakukan penelitian genetik dengan cara yang sangat sadis.

Nah, ilmuwan-ilmuwan yang ada di bawah ini memang memiliki metoda yang kontroversial dalam pekerjaannya. Namun mereka bukanlah dokter Josef Mengele yang sadis dan berani melakukan cara apa pun hanya untuk kepentingan penelitian.

Kegaduhan yang dilakukan para ilmuwan ini hanya karena mereka berani mengusik kenormalan yang memang sudah ada di masyarakat. Nah, siapa saja mereka, yuk cermati di bawah ini:

1. Sergio Canavero
4 Ilmuwan Kontroversial yang Bikin Geger, Nomor 3 Sudah Matikan 400 Orang

Sergio Canavero adalah dokter Italia yang terobsesi melakukan transplantasi organ yang sangat kontroversial. Dia ingin memindahkan kepala manusia ke badan manusia lainnya.

Tujuannya dia ingin orang yang cacat bisa berpindah tubuh ke badan manusia yang organ tubuhnya bekerja dengan baik dan lengkap. Caranya tentu saja memindahkan kepala orang yang cacat ke badan baru.

Sergio Canavero sempat mendapatkan relawan untuk keinginan gilanya itu. Hanya saja saat itu relawan bernama Valery Spiridonov asal Rusia. Hanya saja sebelum upaya itu dilakuan Valery Spiridonov yang cacat dan berkursi roda mengundurkan diri.