Temuan Mumi Biksu di Dalam Patung Buddha Mulai Diobservasi

Kamis, 19 Januari 2023 - 10:07 WIB
loading...
Temuan Mumi Biksu di Dalam Patung Buddha Mulai Diobservasi
Patung Buddha berisi mumi biksu berusia 1.000 tahun mulai diobservasi ilmuwan. FOTO/ UNILAD
A A A
AMSTERDAM - Sekelompok ilmuwan melakukan observasi terhadap patung Buddha berusia 1.000 tahun . Dalam riset tersebut para peneliti menemukan yang luar di dalam patung tersebut.

BACA JUGA - Taliban Dulu Ledakkan Situs Buddha Bamiyan, tapi Sekarang Menjaganya

Dalam penelitian tersebut terkuak di dalam patung Buddha yang dipamerkan di Belanda, ditemukan umi seorang Biarawan yang sedang bermeditasi.

Mumi yang disebut, “oldest patient ever”, di Meander Medical Center, Belanda, Amersfoort menggunakan CT scanner untuk mengambil gambar tubuh dalam patung dan endoskop untuk memeriksa rongga dada hingga perut.

Mumi ini diyakini sebagai Liuquan, seorang biksu Buddha yang meninggal di Tiongkok, sekitar 1.100 tahun silam.

Selama pemeriksaan tersebut, para peneliti menemukan, bahwa organ-organ dalam pada Mumi tampaknya telah dihilangkan dan sisa-sisa kertas bertulisan China kuno, ” kata staf rumah sakit, seperti dilansir dari Unilad.

Patung tersebut dipamerkan sebagai bagian dari “Mumi: Kehidupan di Luar Kematiannya”, yang dipamerkan, di Museum Drents di Belanda tahun lalu. Dan, ini merupakan pertama kalinya patung tersebut telah sengaja dibiarkan keluar dari China.

Dalam penelitian ini, ilmuwan mengungkap proses pengawetan mumi seorang yang dilakukan dengan cara berbeda. Hal itu karena dianggap sebagai bentuk pencerahan religius tertinggi.

Mumifikasi biksu adalah proses panjang yang dimulai ketika biksu bermeditasi untuk mencapai pencerahan.

Selama masa itu, para biksu hanya akan mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian untuk melepas semua lemak di tubuh. Setelah satu tahun diet, biksu akan disegel di dalam patung dan dikubur seperti yang ditemukan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2063 seconds (11.210#12.26)