Mengisi Baterai Smartphone Bisa dengan Sinyal Radio

Senin, 01 Juni 2015 - 16:08 WIB
Mengisi Baterai Smartphone Bisa dengan Sinyal Radio
Mengisi Baterai Smartphone Bisa dengan Sinyal Radio
A A A
WINA - Penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan kapasitas baterai sebuah smartphone terus dilakukan. Para tim peneliti yang terdiri dari beberapa insinyur di Universitas Ohio State membuktikan mereka dapat memperpanjang umur baterai dengan cara sederhana.

Seperti dilansir dari geek, Senin (1/6/2015), cara sederhana tersebut dengan memanfaatkan sinyal radio dalam pengisian baterai. Mereka mengungkapkan bahwa dalam sinyal radio terdapat efektivitas sinyal yang rendah, dimana sebanyak 97% tak pernah diterima oleh receiver dan terbuang di udara.

Melihat hal ini, mereka ingin memanfaatkan sinyal terbuang tersebut. Dengan memanfaatkan hal ini para peneliti berhasil mengisi baterai smartphone hingga 30%. Jumlah energi yang berhasil dimanfaatkan pun bergantung pada pola penggunaan smartphone.

Pengisian baterai bisa dilakukan pada saat ponsel digunakan berkomunikasi. Misalnya saat browsing internet, melakukan panggilan suara, bermain game online ataupun melakukan percakapan di aplikasi messenger.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6412 seconds (0.1#10.140)