Perangkat Star Trek Ini Bisa Bikin Orang Buta Melihat

Minggu, 01 November 2015 - 18:49 WIB
Perangkat Star Trek Ini Bisa Bikin Orang Buta Melihat
Perangkat Star Trek Ini Bisa Bikin Orang Buta Melihat
A A A
LONDON - Orang buta kini bisa melihat secara efektif, berkat penemuan cemerlang dari British. Kaca mata ini bisa menginformasikan kepada penggunanya apa yang dilihat.

Dilansir dari Dailymail, Minggu (1/11/2015), kacamata ini memiliki kamera kecil yang dapat mengidentifikasi segala sesuatu, mulai dari pintu toko hingga isi kulkas. Kemudian dapat memberikan komentar lisan melalui aplikasi telepon dan lubang suara.

Pengguna bahkan dapat mencetak teks dan membacanya dengan suara lantang hanya dengan menunjuk pada kata-kata yang ada. Sementara itu, mereka dengan pandangan parsial dapat diperbesar jika diperlukan.

Menariknya, software pengenalan wajah langsung akan memberitahu pengguna tidak hanya nama orang yang mendekati, tapi pekerjaan mereka dan tanggal pertemuan sebelumnya. Fans dari serial TV Star Trek: The Next Generation mungkin melihat kemiripan dengan perangkat yang digunakan oleh pemeran Letnan Komandan Geordi La Forge yang buta.

Perangkat lunak, dikembangkan oleh perusahaan berbasis di London, Vision Technologies dan dijual dengan merek GiveVision. Setelah suatu obyek atau street scene telah dicatat, pertemuan selanjutnya diinformasikan melalui lubang suara.

Pemakainya juga dapat menandai foto wajah seseorang dengan menyebut nama mereka dengan suara keras saat pengambilan gambar, menambahkan potongan informasi dan pengajuan dalam daftar kontak.

Perangkat ini masih dalam tahap pengujian oleh 1.000 pengguna. Diharapkan akan dilepas di pasar sekitar 50 pound atau sekitar Rp1,05 juta per bulan dan akan dibundling ke ponsel mulai tahun depan.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7593 seconds (0.1#10.140)