Ilmuan China Gunakan Teknologi Smartphone untuk Cegah Diabetes

Rabu, 03 Mei 2017 - 10:03 WIB
Ilmuan China Gunakan Teknologi Smartphone untuk Cegah Diabetes
JAKARTA - Para ilmuwan di China berhasil menggunakan smartphone untuk mengontrol tingkat gula dalam tubuh penderita diabetes. Proses yang menggabungkan biologi dan teknologi itu berhasil dilakukan terhadap tikus laboratorium yang mengidap penyakit tersebut.

Jurnal Science Translational Medicine menggambarkan keberhasilan itu dapat diaplikasikan terhadap berbagai penyakit lain dan pengobatan menggunakan obat.

Menurut peneliti di East China Normal University di sini, pendekatan ini membuka rute ke 'era baru' dalam dunia medis.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengubah sel normal secara genetik untuk memproduksi obat untuk mengontrol tingkat gula dalam darah seperti insulin tetapi hanya melalui reaksi cahaya.

Teknologi bersangkutan dikenal sebagai optogenetics dengan sel-sel tersebut akan bertindak apabila terkena gelombang khusus cahaya merah sementara LED nirkabel serta aplikasi smartphone digunakan untuk mengawalnya.

Seperti dilansir dari BBC, para peneliti berkenaan memasukkan sistem tersebut pada bagian bawah kulit tikus dan berhasil mengontrol diabetes dengan sentuhan pada layar telepon.

Tujuan utama adalah untuk menghasilkan sistem otomatis yang bisa mendeteksi tingkat gula dan mengeluarkan sejumlah bahan kimia terapi.

Namun penelitian itu masih pada tahap awal dan tidak terbatas pada penyakit diabetes karena sel dapat dikembangkan untuk mengeluarkan berbagai jenis obat.