Toyota Perkenalkan T-HR3, Robot yang Bisa Dikendalikan Manusia

Kamis, 23 November 2017 - 09:02 WIB
Toyota Perkenalkan T-HR3,...
Toyota Perkenalkan T-HR3, Robot yang Bisa Dikendalikan Manusia
A A A
TOKYO - Gandeng Partner Robot Division, Toyota menunjukkan robot humanoid bernama T-HR3. Robot ini bisa dikontrol jarak jauh dengan menggunakan unit pengontrol yang bernama Master Maneuvering System.

Dikutip dari Autobog, pada unit pengendali ini, ada delapan Torque Servo Modules, sedangkan pada robot itu sendiri ada 13 modul yang sama. Cara menggunakan robot ini adalah dengan menggunakan unit pengendali utama untuk manusia, dan setiap gerakan selanjutnya akan ditiru oleh robot. Visi robot bisa disaksikan oleh manusia yang mengendalikan dengan menggunakan kacamata VR yang digunakan.

Melalui T-HR3, Toyota mencoba mengeksplorasi teknologi baru untuk penanganan interaksi fisik yang aman antara robot dan lingkungannya, serta sistem operasi baru yang bisa meniru gerakan manusia. Kemampuan seperti itu dianggap berguna untuk situasi seperti di daerah bencana alam, lokasi konstruksi, rumah sakit bahkan ruang.

Berat robot ini 75 kg, dan tinggi 1.540 mm. T-HR3 akan tampil di pameran robot internasional Tokyo yang akan berlangsung mulai 29 November hingga 2 Desember.

(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0983 seconds (0.1#10.140)