Fosil Dinosaurus Dibungkus Seniman Asal Prancis

Kamis, 07 Juni 2018 - 06:03 WIB
Fosil Dinosaurus Dibungkus Seniman Asal Prancis
PARIS - Kerangka dinosaurus berusia 150 juta tahun, jarang ditemukan dijual dengan harga USD 2,3 juta selama lelang di Menara Eiffel.

Para ilmuwan yakin tulang binatang itu 70 persen masih dalam kondisi baik ketika ditemukan di Wyoming, Amerika Serikat (AS) pada 2013 'kemungkinan spesies baru'.

Pembelinya adalah seorang kolektor seni yang menolak untuk diketahui namanya berjanji untuk meminjamkan spesimen ke museum.

Pusat lelang Claude Aguttes menginformasikan, pembeli ingin 'menampilkan kerangka di sebuah museum di Prancis'.

Pejabat di pusat lelang, Eric Mickeler mengatakan bahwa dinosaurus memiliki panjang lebih dari sembilan meter dan tinggi 2,6 meter diyakini telah hidup pada akhir era Jurassic.

Tentunya, hewan-hewan ini adalah satu-satunya spesies yang belum pernah ditemukan.

Ahli dinosaurus, Eric Geneste mengatakan kepada AFP, sulit untuk mengklasifikasikan tulang sebagai 'allosaurus' karena lebih kuat daripada tulang rusuk yang lebih panjang dan gigi yang berbeda.

"Sebenarnya ada banyak perbedaan antara tulang yang ditemukan dengan 'allosaurus' sebagai perbedaan antara manusia dan gorila," katanya.

Penawar dari Jepang dan Swedia yang menelepon rumah lelang mencoba membeli kerangka dinosaurus dengan menawar lebih dari 1,8 juta euro yang diharapkan

Mickeler mengatakan kebanyakan pedagang yang membeli kerangka dinosaurus tidak tertarik dengan herbivora dibandingkan dengan karnivora.

Bagian dari hasil lelang oleh kolektor Inggris akan disalurkan ke penggalian bahan arkeologi.