Gempa dan Tsunami Besar Bukti Indonesia Dikelilingi Cincin Api

Minggu, 30 September 2018 - 19:51 WIB
Gempa dan Tsunami Besar Bukti Indonesia Dikelilingi Cincin Api
Gempa dan Tsunami Besar Bukti Indonesia Dikelilingi Cincin Api
A A A
JAKARTA - Gempa besar 7,7 SR dan Tsunami di Palu dan Donggala yang memakan korban jiwa hingga saat ini berjumlah 832 orang bukti bahwa Indonesia adalah negara yang dikelilingi Cincin Api atau Lingkaran Api Pasifik ( Ring of Fire) terbesar di Di dunia.

Artinya Indonesia adalah daerah yang sering mengalami gempa bumi, letusan gunung berapi dan Tsunami yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km. Daerah ini juga sering disebut sebagai sabuk gempa Pasifik.

Seperti dilansir dari National Geografi, sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini. Daerah gempa berikutnya (5-6% dari seluruh gempa dan 17% dari gempa terbesar) adalah sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatra, Himalaya, Mediterania hingga ke Atlantika. Berikutnya adalah Mid-Atlantic Ridge

Indonesia berada di jalur gempa teraktif di dunia karena dikelilingi oleh Cincin Api Pasifik dan berada di atas tiga tumbukan lempeng benua, yakni, Indo-Australia dari sebelah selatan, Eurasia dari utara, dan Pasifik dari timur. Gempa Donggala terjadi setelah sebelumnya wilayah Lombok dilanda guncangan hebat, Bahkan sebelumnya Indonesia tahun 2004 lalu, Tsunami terjadi di Aceh dan menewaskan lebih dari 220 ribu orang tak bisa membantah bahwa Indonesia Negara rawan gempa dan Tsunami.

Kondisi geografis ini di satu sisi menjadikan Indonesia sebagai wilayah yang rawan bencana letusan gunung api, gempa, dan tsunami namun di sisi lain menjadikan Indonesia sebagai wilayah subur dan kaya secara hayati.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0768 seconds (0.1#10.140)