Malam Ini, Bumi Akan Diguyur Hujan Meteor Draconids

Senin, 08 Oktober 2018 - 20:02 WIB
Malam Ini, Bumi Akan Diguyur Hujan Meteor Draconids
JAKARTA - Malam ini, langit di angkasa akan bermandikan hujan meteor Draconids. Sebenarnya hujan meteor ini sudah mulai berlangsung mulai 6 Oktober dan akan berakhir di 10 Oktober. Namun aktivitas maksimum diprediksi akan terjadi pada malam ini 8 Oktober 2018.

Hujan meteor Draconid atau yang sering juga disebut Giacobinid timbul ketika Bumi melintasi serpihan debu sisa komet 21P/Giacobini-Zinner yang membutuhkan waktu sekitar 6,6 tahun untuk satu kali revolusi mengelilingi Matahari.

Dari tahun-tahun sebelumnya, meteor hanya menghasilkan sekitar sepuluh bintang jatuh per jam. Namun, tahun ini mungkin akan berbeda seperti dikutip dari lama Forbes, Senin (8/10/2018). Pada kesempatakn kali ini sekitar 256.000 km Bumi akan dilewati dalam orbit komet 21P/Giacobini-Zinner.

Situasi ini sama seperti yang terjadi tahun 1933 dan 1946 saat Eropa diterpa 10.000 bintang jatuh per jam nya selama hujan metero Draconids.

Waktu terbaik untuk melihat hujan meteor ini ada sekitar pukul 23:00 hingga pukul 00:30. Tapi pastikan Anda ada di tempat yang minim polusi cahaya dan keadaan langit yang bersih. Semakin gelap langit, semakin mudah untuk menemukan Draco, dan melihat bintang-bintang Draconids yang berjatuhan.

Bagaimana Anda tertarik untuk melihat puncak hujan meteor Draconids malam ini?