Usung Teknologi Pintar, Ekspansi Kaercher Makin Agresif di Pasar

Rabu, 16 Januari 2019 - 14:59 WIB
Usung Teknologi Pintar, Ekspansi Kaercher Makin Agresif di Pasar
Usung Teknologi Pintar, Ekspansi Kaercher Makin Agresif di Pasar
A A A
MEREK alat pembersih dalam dan luar ruangan asal Jerman, Kaercher, agresif melakukan ekspansi di pasar Indonesia. Pada tahun ini Kaercher memboyong beragam varian produk baru dengan teknologi pintar (smart technology ).

Sejak dibuka pada Desember 2018 silam, Kaercher langsung tancap gas. Di pasar domestik, perusahaan ini mulai membuka beberapa channel distribusi baru di Indonesia. “Pada masa yang akan datang dengan telah dibukanya Kaercher Center, tentunya kami ingin menjadi market leader cleaning equipment brand di Indonesia,” tegas Managing Director Kaercher Indonesia Matheus Bernath.

Saat ini Kaercher memiliki lebih dari 3.000 jenis produk yang telah terjual di lebih dari 200 negara di dunia dan telah dikenal dengan reputasi produknya yang kuat dan efisien dengan fitur yang inovatif, berkualitas, dan tahan lama. Jenis produk Kaercher terbagi ke dalam beberapa kategori.

Di antaranya, high pressure cleaner (pembersih bertekanan air). High pressure cleaner adalah produk unggulan Kaercher yang memiliki range sangat lengkap. Mulai dari 110 bar hingga 2.000 bar, baik yang menggunakan air dingin maupun air panas.

“High pressure cleaner Karcher terkenal di market dengan daya tahannya yang sangat mumpuni untuk berbagai macam industri,” cetusnya. Kemudian, ada floor cleaner (pembersih lantai) yang terdiri dari Polisher dan Scrubber. Dimulai dari hand polisher untuk memoles area-area yang sempit, low polisher , hingga high speed polisher yang memiliki kecepatan 1.500 RPM yang sangat cocok digunakan di lantai marble dan granit.

“Untuk Scrubber, kami memiliki range push-behind (didorong) hingga ride-on , yaitu scrubber-dryer yang dinaiki layaknya kendaraan mobil. Fungsi dari scrubber dryer itu adalah teknologi cleaning menyikat, membersihkan, dan mengeringkan (vacuum-ing ) dalam satu mesin,” kata Matheus.

Dengan teknologi tenaga baterai, mesin ini sangat efektif untuk membersihkan areaarea yang luas dan juga dilengkapi dengan teknologi smart charging. Adapun vacuum cleaner terdiri dari rangkaian dry vacuum cleaner (vakum kering) dan wet and dry vacuum cleaner (vakum basah-kering), mulai dari kapasitas 12 liter hingga 90 liter.

Untuk vakum kering andalan kami saat ini dilengkapi dengan high efficiency particulate arrestance (HEPA) filter . Teknologi ini sangat baik untuk kesehatan, HEPA berfungsi menyaring udara sehingga udara yang disalurkan ke ruangan akan bersih.

“Sedangkan untuk kategori sweeper yang merupakan mesin pembersih yang berfungsi menyapu kotoran, kami memiliki jenis sapu elektrik bertenaga baterai untuk digunakan menyapu area ruangan dengan kapasitas 1 liter, hingga kategori municipal atau multiimplement carrier yang merupakan penyapu jalanan dengan kapasitas 500 liter hingga 6.000 liter,” kata Matheus.

Head of Business Development Kaercher Indonesia Fifit Fitria menambahkan, pada tahun ini Kaercher mempersiapkan mesin sweeper yang memiliki dual function area cleaning . Mesin ini dapat digunakan di area berkarpet hingga hard floor dengan hanya mengganti bagian sikat pembersih.

“Mesin ini kami persiapkan untuk menjawab permintaan pasar atas jenis sweeper dan vacuum untuk area berkarpet yang luas,” katanya. Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat atas kesehatan dan kualitas udara yang dihirup setiap harinya, pada tahun ini Kaercher juga mulai memasarkan mesin air purifier AF 100.

Air purifier ini dapat meng-cover area maksimal 100 meter persegi yang dilengkapi dengan teknologi double HEPA filter, sensor laser yang presisi, terintegrasi untuk tujuan memonitor udara di dalam ruangan secara konstan dan dikendalikan dengan mode otomatis.

Fitria menyebutkan, saat ini konsumen Kaercher dari berbagai macam industri, yaitu industri manufaktur, industri makanan dan minuman, industri automotif hingga hospitality (hotel dan restoran), serta perusahaan jasa kebersihan.

“Kami memiliki cukup banyak loyal consumer yang dapat dikatakan susah untuk berpindah ke lain hati karena daya tahan mesin Karcher,” klaim Fitria. Fitria mengatakan, selain digunakan di Bandar Udara Soekarno-Hatta, sudah sangat banyak unit Kaercher dipergunakan di hotel-hotel di kota tujuan wisata di Indonesia, seperti di Bali, Jakarta, Bandung, Surabaya, Lombok, dan Ambon.

Saat ini produk berteknologi canggih yang sedang disiapkan untuk pasar Indonesia adalah mesin tanpa kabel untuk solusi pembersihan dalam dan luar ruangan. “Tahun ini kami mulai memperkenalkan di market teknologi pembersih udara profesional untuk membersihkan udara di ruang yang lebih luas dan ruang komersial,” paparnya.

Saat ini Kaercher telah mengembangkan teknologi pengering scrubber otomatis yang disebut KIRA (Kaercher Intelligent Robotic Application), aplikasi robot cerdas Kaercher dalam pembersihan profesional. Dengan KIRA, Kaercher telah menciptakan platform untuk semua produk robot profesional sebagai jawaban atas tantangan pasar yang semakin meningkat dalam teknologi pembersihan.

Kami mengembangkan KIRA B 50 dengan sistem otomatis yang dapat meningkatkan efisiensi pengerjaan pembersihan, baik waktu, biaya maupun tenaga kerja. Pada tahun 2018 Kaercher menerima dua penghargaan atas KIRA B 50 di Interclean di Amsterdam.

KIRA B 50 telah memenangi penghargaan inovasi dalam kategori mesin dan dinamai sebagai pemenang keseluruhan (the Innovation Award in the machine category and is named overall winner ). “Saat ini KIRA B 50 sedang diujicobakan di pasar Eropa, besar harapan produk ini bisa masuk ke pasar Indonesia pada tahun 2019,” tegas Fitria.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0466 seconds (0.1#10.140)