7 Wilayah di Indonesia Akan Terkena Dampak Super Blood Moon

Senin, 21 Januari 2019 - 16:25 WIB
7 Wilayah di Indonesia Akan Terkena Dampak Super Blood Moon
7 Wilayah di Indonesia Akan Terkena Dampak Super Blood Moon
A A A
JAKARTA - Malam ini dapat dipastikan negara-negara benua Amerika, Eropa, Afrika dan jika cuaca mendukung benua Asia termasuk Indonesia akan dapat menyaksikan Super Blood Moon.

BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk 7 wilayah yang terdampak gerhana bulan total dan supermoon itu untuk beberapa hari.

Peringatan dini itu adalah akan terjadinya pasang maksimum air laut di beberapa wilayah Indonesia untuk beberapa hari ke depan.

Kondisi pasang maksimum air laut ini disebutkan karena adanya fenomena supermoon (posisi perigee atau jarak terdekat bulan terhadap bumi) disertai dengan bulan purnama.

Peringatan ini berlaku mulai Sabtu (19/1/2019) hingga Selasa (22/1/2019). Dikutip dari informasi BMKG yang diunggah di Instagram, wilayah yang masuk peringatan dini tersebut antara lain:

Pesisir utara Jakarta
Pesisir utara Jawa Tengah
Pesisir utara Jawa Timur
Pesisir Cilacap
Pesisir Tanjung Benoa, Bali
Pesisir Kalimantan Barat
Pesisir Makassar


Fenomena ini akan mulai dengan gerhana bulan sebagian sekitar jam 22:34 malam EST (kawasan pesisir timur Amerika) hari Minggu. Saat itu bayang-bayang bumi mulai menutupi bulan. Gerhana bulan total – saat bayangan bumi menyelimuti bulan sepenuhnya – akan berlangsung selama 62 menit, mulai jam 11:41 malam EST hari Minggu.

Apabila cuaca cerah, keseluruhan gerhana bulan akan dapat dilihat di Amerika Utara dan Selatan, begitu juga di lokasi-lokasi seperti Greenland, Islandia, Irlandia, Britania Raya, Norwegia, Swedia, Portugal, dan pantai-pantai di Perancis dan Spanyol. Wilayah Eropa lainnya, begitu juga dengan Afrika, akan dapat memandang gerhana sebagian sebelum bulan hilang di balik awan.

Selama gerhana bulan total, bulan akan terlihat kemerahan karena sinar matahari memantul dari atmosfir bumi. Ini mengapa kadang-kadang gerhana bulan kadang-kadang disebut bulan darah.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5428 seconds (0.1#10.140)