NASA Temukan Danau Mirip Simbol Yin dan Yang

Rabu, 15 Mei 2024 - 22:38 WIB
loading...
NASA Temukan Danau Mirip...
NASA menemukan gambar langka dari kawah atau kaldera yang tidak biasa di gunung berapi Nemrut di Turki. (Foto: Others)
A A A
JAKARTA - Stasiun Luar Angkasa Internasional Amerika Serikat NASA mengambil gambar langka dari kawah atau kaldera yang tidak biasa di gunung berapi Nemrut di Turki. Penampakannya mirip bentuk Yin dan Yang.

Wionenews melansir, Rabu (15/5/2024) gambar yang diambil menunjukkan bagaimana seluruh area terbagi menjadi dua bagian - sebuah daerah lava yang membeku dan sebuah danau. Gunung Nemrut, yang dinamai sesuai tokoh Alkitab Raja Nimrod, memiliki ketinggian 2.948 meter dan terletak di persimpangan antara lempeng tektonik Eurasia dan Arab.

Menurut Observatorium Bumi NASA, pada 1650, stratovolcano yang tidak aktif itu telah meletus secara besar-besaran untuk terakhir kalinya. Kaldera besar gunung berapi itu sekitar 8,5 kilometer dari titik terlebarnya dan kedalamannya mencapau hampir 610 meter.

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada 2012, kaldera tersebut sebagian besar terbentuk sekitar 250.000 tahun lalu setelah terjadi letusan besar tunggal. Letusan itu juga menyebabkan aliran lava besar yang memblokir sebuah sungai dan menyebabkan terbentuknya danau terbesar di Turki, Danau Van, yang terletak di sisi timur gunung.



Letusan lebih kecil terus berlanjut dari lubang di setengah bagian timur kaldera dan menyebabkan terbentuknya lava membeku yang mengalir di satu sisi kawah. Setelah beberapa waktu, sisi lain dari kaldera tersebut terisi dengan air dan menyebabkan terbentuknya danau kawah.

Perbedaan mencolok antara dua sisi puncak gunung berapi tersebut paling terlihat ketika salju menutupi gunung. Ketika ini terjadi, secara umum dilihat sebagai simbol yin-yang dari filsafat China. Penutupan salju juga menciptakan lipatan di aliran lava yang disebut punggungan tekanan. Proses ini terbentuk oleh aliran dan pendinginan batuan leleh.



Punggungan ini sangat berbeda dalam ukuran dan ketebalannya karena perbedaan viskositas lava di berbagai letusan, sesuai dengan pengamatan Observatorium Bumi.

Kedalaman maksimum danau kawah Nemrut adalah sekitar 176 meter dan ini menutupi aliran lava serupa dari letusan sebelumnya. Namun, ini bukan satu-satunya danau yang ada di kaldera. Danau lain yang lebih kecil, yang memiliki kedalaman 11 meter terletak di antara serangkaian dataran lava dekat pusat tepi utara kaldera. Danau ini dialiri mata air panas yang mencerminkan keberadaan kehidupan di bawah kaldera meskipun gunung berapi tidak aktif.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)