Kurangi Dampak Abrasi Laut, Agung Sedayu Group Tanam 1.000 Mangrove

Minggu, 14 April 2019 - 10:21 WIB
Kurangi Dampak Abrasi Laut, Agung Sedayu Group Tanam 1.000 Mangrove
Kurangi Dampak Abrasi Laut, Agung Sedayu Group Tanam 1.000 Mangrove
A A A
JAKARTA - Demi menjaga kelestarian lingkungan dan habitat hewan, Hotel Property Agung Sedayu Group, ALL SEDAYU HOTEL KELAPA GADING, HARRIS VERTU HARMONI, YELLO HOTEL HARMONI, PESONA ALAM RESORT dan 101 JAKARTA SEDAYU DARMAWANGSA
untuk Muara Gembongtenjun langsung ke Muara Gembong di Bekasi dengan menanam 1.000 pohon mangrove. Dikelilingi oleh lahan perairan laut Jawa yang luas dan terhimpit di antara Jakarta Utara dengan Kabupaten Karawang, menjadikan mayoritas penduduk yang mendiami tempat ini bermata pencaharian sebagai nelayan, menangkap ikan, kepiting dan juga udang untuk dijual ke Jakarta.

Menurut POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata ) dan SAVE MUGO Muara Gembong lingkungan hidup setempat, hutan mangrove di pesisir laut Muara gembong terus menyusut dari sekitar 400 hektar hingga tinggal 300 hektar. Menyusutnya hutan Mangrove tersebut dikarenakan penebangan yang dilakukan oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab.

Akibatnya Banjir rob atau masuknya air laut ke daratan di wilayah Bekasi bagian utara makin menggila dalam tiga tahun terakhir. Air laut tidak hanya menyebabkan permukaan air sungai di dekat muara makin naik, tapi air sudah masuk jauh ke perkampungan penduduk, khususnya di kawasan Muara Gembong.

Sebagai wujud pelaksanaan tanggung jawab sosial, AGUNG SEDAYU GROUP di Bussiness Development Hotels dan Resorts bekerja sama dengan ALL SEDAYU HOTEL Kelapa Gading, Yello Harmoni, Harris Vertu Harmoni dan Pesona Alam Resorts & Spa Cisarua Puncak berupaya mengurangi dampak abrasi laut itu dengan melakukan penanaman kembali 1000 mangrove.
" Kegiatan CSR di bidang pelestarian lingkungan hidup ini khususnya penanaman 1000 pohon mangrove memiliki dampak yang luar biasa terhadap lingkungan dan ini akan kita tingkatkan dimasa yang akan datang, baik jumlah pohon yang ditambah atau personel di masing masing hotel akan ikut terlibat, Program dengan tema Penanaman 1000 Pohon untuk Muara Gembong ini merupakan Gerakan Tanam Mangrove Untuk Investasi di Masa depan. ini rencananya akan dilaksanakan secara berkala," tegas Yudhi Meidiyanto Hotel Manager ALL SEDAYU HOTEL Kelapa Gadingdalam keterangan persnya di Bekasi.
Kurangi Dampak Abrasi Laut, Agung Sedayu Group Tanam 1.000 Mangrove

Kerja sama tersebut juga turut melibatkan petani dan warga sekitar Kampung Beting Muara Gembong. Pelaksanaan Kegiatan Penanaman 1000 Pohon Mangrove ini di dilaksanakan pada Hari Sabtu tanggal 13 April 2019 bertempat di Kampung Beting , Muara Gembong - Bekasi.

Kegiatan ini berisikan pelatihan kepada Hotelier yang hadir berupa pengenalan tentang manfaat mangrove bagi lingkungan sekitar serta pengolahan hasil mangrove untuk meningkatkan perekonomian. Pelatihan tersebut diisi oleh Kelompok POKDARWIS ( Kelompok Sadar Wisata ) dan SAVE MUGO Di Kampung Beting, Muara Gembong yang selama ini aktif menggerakkan masyarakat sekitar Muara Gembong untuk ikut melestarikan dan memanfaatkan hasil mangrove.

Perlu diketahui, Muara Gembong merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini terletak 64 km dari pusat Kota Bekasi, dan untuk mencapainya diperlukan waktu tak kurang dari empat jam perjalanan dari kota Jakarta dan sekitar dua setengah jam dari Kota Bekasi.

Muara Gembong terkenal dengan potensi alamnya, muara ini adalah habitat ikan bandeng yang sangat diminati oleh warga Jakarta karena dagingnya yang tidak bau, hal itu dikarenakan 'bandeng gembong' diberikan pakan ikan yang alami. Selain bandeng, kepiting dari Muara Gembong juga terkenal di Jakarta, kemudian 'Terasi Jembret', terasi yang diolah secara alami oleh beberapa penduduknya. Beberapa istri nelayan mengolah udang rebon yang didapat dari laut untuk dijadikan terasi.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1945 seconds (0.1#10.140)