LIPI Dorong Iptek untuk Mendongkrak Ekonomi Daerah

Rabu, 11 Desember 2019 - 08:23 WIB
LIPI Dorong Iptek untuk Mendongkrak Ekonomi Daerah
LIPI Dorong Iptek untuk Mendongkrak Ekonomi Daerah
A A A
JAKARTA - Selama tahun 2019, LIPI melalui Pusat Penelitian Kebijakan dan Manajemen Iptek dan Inovasi mengkaji kebijakan Iptek Indonesia dalam kerangka RPJMN 2015-2019.

“Penelitian ini melihat bagaimana arah dan strategi pembangunan Iptek 2015-2019 dirumuskan dan bagaimana implementasinya selama lima tahun terakhir,” kata Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko.

Sebagai salah satu bentuk implementasi kebijakan iptek dan inovasi, Pusat Penelitian Kebijakan dan Manajemen Iptek dan Inovasi LIPI juga mengkaji sistem inovasi daerah sebagai upaya penerapan iptek dan inovasi untuk pengembangan ekonomi masyarakat di daerah.

“Kreativitas dari setiap daerah sebenarnya bisa didorong dengan efektivitas pemanfaatan teknologi tepat guna di wilayah terpencil,” timpal Kepala Pusat Penelitian Kebijakan dan Manajemen Iptek dan Inovasi LIPI, Dudi Hidayat.

Dudi menjelaskan, inovasi menjadi kunci yang dapat mendorong, memacu, dan memicu aktivitas ekonomi masyarakat berkembang. Seperti yang telah dilakukan di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Dudi, kreativitas dipercaya mampu meningkatkan daya saing daerah. Cara seperti ini bisa dijembatani dengan mendorong setiap daerah agar memulai penerapan dan membudayakan teknologi dengan berbagai cara dan mekanisme yang ada.

“Dalam hal ini, peran pemerintah daerah, akademisi, peneliti, dan UKM dibutuhkan untuk saling bekerja sama demi tercapainya peningkatan pembangunan daerah,” pungkasnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5568 seconds (0.1#10.140)