Tizen-Firefox berusaha kejar dominasi Google-Apple

Senin, 24 Februari 2014 - 15:16 WIB
Tizen-Firefox berusaha kejar dominasi Google-Apple
Tizen-Firefox berusaha kejar dominasi Google-Apple
A A A
Sindonews.com - Anda mungkin pernah mendengar tentang sistem operasi Tizen (tie-zen, tee-zen atau tiz-zen). Tapi, kemungkinan sistem itu berjalan smartphone sangat tipis, hampir sama dengan yang dimiliki pendahulunya atau pesaing Maemo, Moblin, MeeGo, Bada, Ubuntu, Sailfish atau Firefox.

Mobile World Congress dalam empat tahun terakhir telah mengumumkan salah satu sistem operasi (OS). Tahun ini tidak berbeda, pembuat handset, operator dan produsen chip mencoba mematahkan cengkraman Google Inc dan Apple Inc, yang memiliki sistem perangkat lunak di ponsel seluruh dunia.

Tapi, perang untuk saat ini sudah hilang. Sebaliknya, perhatian bergeser bagaimana memenangkan bagian kue yang berpotensi lebih besar, perangkat lunak yang berjalan pada mobil, kamera, kulkas, smartwatch atau TV.

Pemikiran di sini adalah jika sistem operasi berbasis web, seperti Firefox atau Tizen bisa mendapatkan pijakan dalam perangkat yang tersambung ke internet. Mereka bisa mendapatkan penerimaan yang lebih luas di kalangan pengguna dan juga pengembang aplikasi di ponsel.

"Jika Firefox OS dapat berhasil di pasar TV, itu berarti banyak pengembang berkontribusi baik di konten atau aplikasi. Lalu mungkin pasar ponsel juga akan menerima web berbasisi OS," kata William Liang, direktur senior Foxconn, Taiwan, yang bekerja sama dengan pengembang Firefox Mobile OS, seperti dilansir dari Reuters, Senin (24/2/2014).

Strategy Analytics mencatat, Google Android dan sistem operasi iOS Apple mencapai lebih dari 95 persen dari penjualan smartphone di seluruh dunia pada 2013, naik dari sekitar 88 persen pada 2012.

Asosiasi industri mobile GSM menjelang kongres di Barcelona mencatat, bahwa setidaknya 36 operator telekomunikasi telah menjanjikan dukungan untuk salah satu dari empat penantang open source, yaitu Firefox, Ubuntu, Tizen dan Sailfish.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8103 seconds (0.1#10.140)